"Keunikan Amungme Gold adalah aromanya yang kental, cita rasa yang kuat dan proses pengolahan tanpa bahan kimia..
Jayapura (ANTARA News) - Kopi arabika jenis "Amungme Gold" asal Timika, Papua, yang memiliki cita-rasa dan aroma khas ternyata sangat diminati masyarakat konsumen mancanegara, di antaranya Amerika Serikat.

Kepala Perwakilan PT Freeport Indonesia Wilayah Provinsi Papua, Anton Raharusun, di Jayapura, Minggu, mengatakan, komoditi ini merupakan salah satu unggulan di Papua dan Amerika Serikat.


"Masyarakat Amerika Serikat mengakui kopi arabika dari Papua berkualitas dan tidak terkalahkan oleh produk kopi dari daerah lain di Indonesia maupun negara lain serta memiliki aroma khas sehingga bernilai ekonomi tinggi," katanya.

"Amungme Gold" kopi diproduksi oleh masyarakat setempat di daerah dataran tinggi Mimika di sekitar areal pertambangan PT Freeport Indonesia dengan pendamping teknis dan pembinaan oleh Departemen Social Outreach dan Local Development dan Departemen Community Relations (SLD/CR).

Kata "Amungme" diambil dari nama suku yang membudidayakan jenis kopi arabika ini. Sedangkan "Gold" merefleksikan kandungan logam mulia yang telah ditambang di sekitar area kebun kopi.

Pada akhir 2008, terdapat 24 petani binaan dalam program tersebut, 19 di antaranya adalah petani mandiri.

Kini jumlah pohon kopi yang telah ditanam mencapai 13.603 pohon dengan produksi rata-rata 606 kg atau 0,6 ton biji kopi (parchment) per tahun.

"Keunikan "Amungme Gold" adalah aromanya yang kental, cita rasa yang kuat dan proses pengolahan tanpa bahan kimia," jelasnya.

Dia berharap, kegiatan ekspor kopi arabika dari Timika ke Amerika, dapat menambah devisa negara. Disamping itu juga menggerakkan perekonomian penduduk setempat yang giat melakukan penanaman komoditi kopi sejak beberapa tahun silam.

(ANT.KR-ALX)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011