Seluruh kru KM Imanuel hilang di perairan Ternate ditemukan selamat

Seluruh kru KM Imanuel hilang di perairan Ternate ditemukan selamat

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku  Utara bersama tim SAR Gabungan Lanal Ternate dan Polairud Polda berhasil menemukan kru KM Imanuel yang mengalami mati mesin di perairan pulau Batang Dua, Kota Ternate (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama tim SAR Gabungan Lanal Ternate dan Polairud Polda berhasil menemukan kru Kapal KM Imanuel yang mengalami mati mesin di perairan Pulau Batang Dua, Kota Ternate.

"Tim SAR Gabungan berhasil menemukan keberadaan KM Imanuel 14 di posisi koordinat 9.45 Nm, radian 183.71° dari LKP, selanjutnya Tim SAR Gabungan melakukan pengamanan terhadap ABK yang sedang berusaha memperbaiki mesin kapal," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah kepada ANTARA, Senin.

Selain itu, dalam penyelamatan KM Imanuel 14 itu, tim gabungan dihadang cuaca ekstrem di lokasi, KN SAR 237 Pandudewanata memutuskan untuk berlindung ke Pulau Bacan, KM Imanuel 14 kembali lego jangkar di posisi penemuan.

Sehingga, pada tanggal 16 Januari 2022, pukul 21.55 WIT, KN SAR 237 Pandudewanata sandar di Pelabuhan Kupal Bacan.

Baca juga: Basarnas selamatkan belasan penumpang kapal hilang di Kepulauan Sula

Baca juga: Tim Basarnas cari kapal berpenumpang 9 hilang di Ternate


Berdasarkan hasil evaluasi dan pertimbangan teknis di lapangan (cuaca ekstrem), Operasi SAR hari pertama dihentikan sementara dan akan dilanjutkan pada Senin 17 Januari 2022 Pukul 06.00 WIT.

Muhammad Arafah mengatakan, pada 17 Januari 2022 pukul 14.35 WIT, mendapat laporan dari agen kapal, bahwa saat ini KM Immanuel 14 telah terikat di rompon dalam keadaan aman, seluruh ABK dalam keadaan selamat.

Dia menyebutkan kru kapal yang dilaporkan selamat diantaranya Nahkoda Nur K. Labao (42 tahun), Tomjon Hutagaul (45 tahun), ABK Fredy J. Sabu (27 tahun), Frengky Gogatja (39 tahun), Agus Suaib (22 tahun), Delson Barahama (38 tahun), Yulianto Bahtiar (25 tahun), Sapri Aer (52 tahun) dan Jonly A. Pailaha (23 tahun).

Untuk itu, direncanakan pada pukul 18.00 WITA, Pihak Agen Kapal akan menggerakkan KM Arafah dari Bitung menuju ke lokasi KM Immanuel 14 dengan membawa peralatan mesin serta teknisi degan estimasi KM Arafah tiba di lokasi pada tanggal 18 Januari 202 pukul 10.00 WIT.

Pukul 15.20 WIT, Basarnas Ternate berkomunikasi dengan Tim Sar di lapangan terkait perkembangan KM Immanuel 14 dan Seluruh ABK dalam keadaan aman dan Basarnas tetap melakukan pemantauan terhadap KM Imanuel 14 dan seluruh ABK.

Selanjutnya Operasi SAR pun selesai dan ditutup, semua unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.*

Baca juga: Empat orang hilang akibat kapal tenggelam di Bima NTB

Baca juga: 16 korban bot karam masih hilang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar