Vettel Rebut Kemenangan Keenam Musim Ini

Vettel Rebut Kemenangan Keenam Musim Ini

Pembalap Red Bull Racing's asal Jerman Sebastian Vettel melakukan persiapan di Pit Sirkuit Valencia (25/6) . ( ANTARA/AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Valencia, Spanyol (ANTARA News/Reuters) - Juara dunia Formula Satu Sebastian Vettel dari tim Red Bull menjuarai Grand Prix Eropa, Minggu, sekaligus membukukan kemenangan keenamnya dalam delapan seri balapan musim ini.

Mencapai finis dengan keunggulan 10,8 detik di depan pembalap Ferrari Fernando Alonso --yang setidaknya memberi kegembiraan bagi penonton di negaranya sendiri --, pembalap berusia 23 tahun asal Jerman itu tampil mendominasi sejak dari awal balapan hingga finis.

"Inilah yang terbaik sejauh ini," katanya dalam radio tim setelah melintasi garis finis.

Vettel kini unggul 77 poin atas pembalap McLaren Jenson Button dan rekan saetimnya Mark Webber asal Australia, yang mencapai finis di urutan ketiga, terpaut 27,2 detik.

Kemenangan ke-16 Vettel selama karirnya itu membawa dia setingkat dengan pembalap terkemuka Inggris Raya Stirling Moss dalam daftar pemenang sepanjang waktu dan artinya kini dia mendapat keuntungan untuk dapat memastikan memimpin klasemen kejuaraan hingga akhir Agustus bahwa tanpa mencetak poin lagi.

Pembalap muda itu baru kehilangan 14 poin sejauh ini pada tahun ini, dikalahkan hanya dua kali, dan mencapai finis di posisi kedua dalam dua seri balapan tersebut.

Pembalap McLaren Lewis Hamilton, yang mengalahkan Vettel di China April lalu, melepaskan diri dari kesulitan setelah dua seri balapan yang kontroversial dan meraih poin cukup di posisi keempat setelah memulai balapan dari posisi tiga, tapi disalip dua pembalap Ferrari di tikungan pertama.

Pembalap Ferrari Felipe Massa mencapai finis di posisi kelima, sementara Button, juara di Montreal, di posisi keenam.

Pembalap Jerman Nico Rosberg di posisi ketujuh bagi tim Mercedes dengan pembalap Toro Rosso Jaime Alguersuari asal Spanyol di posisi kedelapan, namun terpaut satu lap.

Adrian Sutil mencapai finis di posisi kesembilan bagi tim Force India, sementara rekannya sesama asal Jerman Nick Heidfeld di tim Renault merebut poin terakhir dalam balapan yang tidak diwarnai satu pun pembalap yang mundur atau kecelakaan.(*)
(Uu.I015/B/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar