Piala Afrika

Alami lesi jantung, Aubameyang terancam tidak bisa bermain di Afcon

Alami lesi jantung, Aubameyang terancam tidak bisa bermain di Afcon

Penyerang Arsenal asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang. ANTARA/REUTERS/Phil Noble.

Jakarta (ANTARA) - Penyerang timnas Gabon Pierre-Emerick Aubameyang terancam tidak dapat bermain di Piala Afrika (Afcon) karena masalah kesehatannya.

Striker Arsenal itu belum sekali pun tampil untuk Gabon dalam kompetisi yang digelar di Kamerun tersebut setelah terinfeksi COVID-19 menjelang turnamen.

Aubameyang sudah absen saat Gabon mengalahkan Komoros dan ditahan imbang 1-1 oleh Ghana. Sebuah laporan dari staf medis timnas Gabon pada Sabtu (15/1) mengatakan bahwa penyerang berusia 32 tahun itu menderita 'lesi jantung' setelah dinyatakan terpapar COVID-19.

Pada akhir pekan lalu, Arsenal sendiri sempat mengatakan bahwa sang pemain dalam kondisi baik-baik saja. Namun, kenyataannya tidak demikian.

Baca juga: Gabon berharap turunkan Aubameyang pada laga Piala Afrika berikutnya 

Menurut laporan The Athletic pada Senin, Aubameyang terancam tidak bisa membela Gabon di sisa kompetisi Piala Afrika dan kembali ke Inggris pekan ini setelah kondisinya ditinjau lebih lanjut.

Namun, Gabon masih harus menunggu pemeriksaan lebih lanjut untuk memutuskan apakan mantan kapten Arsenal itu akan tetap berada di skuad asuhan Patrice Neveu atau tidak.

Karier eks pemain Borussia Dortmund itu bersama Arsenal berada di ujung tanduk setelah dia dicopot dari jabatan kapten Arsenal musim ini oleh pelatih Mikel Arteta sebelum terbang ke Kamerun.

Arteta menilai Aubameyang tidak lagi pantas untuk menjadi kapten Arsenal setelah terlibat dengan serangkaian masalah disiplin.

Menjelang Piala Afrika, Aubameyang dan mantan gelandang Southampton Mario Lemina diketahui menghadiri sebuah pesta di Dubai. Alhasil, kedua pemain tersebut kemudian terinfeksi COVID-19. 

Baca juga: Arsenal siap dengarkan penawaran untuk jual Pierre-Emerick Aubameyang 
Baca juga: Arsenal lepas Aubameyang ke Piala Afrika lebih awal 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar