Berlin (ANTARA News) - Tuan rumah dan juara bertahan Jerman membukukan kemenangan pertama pada turnamen sepak bola puteri Piala Dunia, Minggu, ketika mengalahkan saingan mereka di Grup A, Kanada, 2-1, di Stadion Olimpiade Berlin.

Setelah memenangi turnamen sama pada 2003 dan 2007, Jerman mencoba melakukan hatrik di kandang sendiri dan tidak memiliki banyak masalah ketika berhadapan dengan Kanada, yang amat jarang mengancam gawang lawannya.

Gol babak pertama yang dicetak pemain tengah Kerstin Garefrekes dan Celia Okoyino da Mbabi, membuat tim tuan rumah semakin menguasai permainan, sebelum kapten tim Kanada Christine Sinclair, yang sempat cedera hidungnya pada babak pertama, memasukkan bola ke dalam gawang Jerman lewat tendangan bebas.

"Ini merupakan pertandingan pertama, jadi kami agak grogi. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan dan kami pasti akan membaik," kata penecetak gol Garefrekes, yang juga membangun serangan ketika lahir gol kedua mereka.

Kemenangan itu membuat Jerman berada di urutan puncak Grup A setelah Prancis sebelumnya menang 1-0 atas Nigeria.

"Kami meraih dua gol itu pada babak pertama dan kami tidak terlalu bagus bermain. Tapi pada babak kedua kami semakin bagus dan terorganisasi dengan baik," kata pelatih Jerman, Silvia Neid.

"Permainan semakin kencang pada akhir pertandingan. Saya kira angka akan menjadi 2-2 tapi ternyata tidak, saya amat senang dengan hasil pertandingan pertama ini," katanya.

Terakhir kali Jeram kalah pada Maret 2010 ketika tim Amerika menundukkan m ereka 3-2 di Piala Algavre.

Juara dua kali Piala Dunia puteri Amerika Serikat akan mengawali pertandingan mereka di Grup C melawan Korea Utara di Dresden, Selasa waktu setempat.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011