Memang menjadi salah satu pekerjaan untuk terus memberi motivasi dan mentalitas pemain
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan terus berupaya menjaga motivasi dan mental pemain seiring posisi tim yang berada di papan bawah klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022.

"Memang menjadi salah satu pekerjaan untuk terus memberi motivasi dan mentalitas pemain. Jangan sampai jatuh," katanya, saat konferensi pers virtual, Senin.

Diakuinya, pekerjaan tersebut memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi juga bukan sesuatu yang mustahil dilakukan.

Artinya, kata sosok yang akrab disapa Coach RD itu, Barito Putera bisa bangkit dari zona degradasi dengan keyakinan dan kekompakan.

"Kondisi yang memang kurang menguntungkan. Tetapi, saya justru pengen mendapatkan respons positif dari pemain untuk menyatukan visi agar lebih baik dalam setiap permainan," ujarnya.

RD optimistis mendapatkan hasil terbaik pada laga pekan ke-20 yang mempertemukan Barito Putera dengan Persikabo 1973 di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Selasa (18/1) sore.

Baca juga: Pelatih Persikabo: Setiap pertandingan adalah final

Mantan pelatih Madura United itu ingin anak asuhnya fokus pada laga kontra Persikabo dan melupakan kekalahan atas Borneo FC pada pekan sebelumnya.

"Kami mengalami hasil yang kurang baik (pekan sebelumnya). Makanya, saya mengingatkan pemain untuk cepat melupakan momen itu dan fokus menghadapi permainan lawan Persikabo," harapnya.

Menurut dia, Persikabo yang pernah dibesutnya itu merupakan tim yang solid dan kompak dengan mayoritas pemain yang tidak berubah.

"Memang Persikabo merupakan tim yang dari empat tahun ini statis, tidak banyak merombak. Jadi, pemain sudah saling memahami, kompak, dan solid. Itu sebuah hal yang harus kita pecahkan," pungkasnya.

Sementara itu, pemain Barito Putera Bayu Pradana mengakui pentingnya menjaga motivasi dan mentalitas untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen.

"Sebagai pemain, kami sudah siap melawan Persikabo, bermain dengan motivasi tinggi dan bekerja keras untuk mendapatkan poin maksimal," tegasnya.

Baca juga: Gol Boaz Solossa warnai kemenangan Borneo atas Barito Putera
Baca juga: Barito Putera resmi datangkan Raphael Maitimo

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022