Jakarta (ANTARA) - Berkegiatan di rumah bisa menjadi momen untuk melakukan decluttering, kegiatan menyortir barang-barang yang dimiliki sehingga Anda bisa menyisihkan benda-benda yang tidak digunakan untuk membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi dan nyaman.

Baca juga: Minimalis dan multifungsi jadi konsep hunian favorit milenial

Simak beberapa tips praktis yang bisa membantu memulai kegiatan decluttering dikutip dari siaran pers IKEA pada Selasa:

Mulai dari satu area terlebih dahulu
Tantangan yang sering ditemui ketika ingin melakukan decluttering adalah bingung harus mulai dari mana. Bahkan situasi ini sering kali mengganggu kesehatan mental penghuni rumah.

Untuk lebih fokus saat melakukan decluttering, Anda bisa memulai dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan, seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur.

Anda bisa menggunakan rak penyimpanan serbaguna seperti EKENABBEN yang fungsional dan serbaguna serta cocok digunakan untuk ruangan apapun. Lakukan satu per satu dan secara perlahan.

Baca juga: Tips memilih lemari minimalis agar ruangan terasa lebih lega

Gunakan metode empat kotak
Untuk melakukan metode ini, Anda harus mempersiapkan empat kotak kosong untuk membantu Anda menyortir barang-barang yang akan disimpan, dibuang, didonasikan, atau diperbaiki.

Anda bisa menggunakan TJENA, kotak penyimpanan dengan tutup yang terbuat dari karton dan memiliki tempat genggaman yang nyaman untuk dipindahkan ke mana saja. Kotak ini akan mempermudah saat menyortir barang-barang.

Letakkan satu kotak khusus untuk menyimpan barang tertentu
Setelah melakukan metode empat kotak, ambil satu kotak khusus dan namai kotak itu menjadi “maybe box”. Anda dapat mengisi kotak ini dengan barang-barang yang dianggap sewaktu-waktu bisa diperlukan atau merasa sayang untuk dibuang.

Untuk melakukan kegiatan ini, kamu dapat menggunakan kotak warna warni dan berpola lucu seperti, UPPRYMD dan DRONA dari IKEA untuk membedakan barang-barang sesuai dengan kategorinya.

Letakkan di tempat yang dapat dijangkau, dan jika dalam tiga bulan Anda tidak menggunakan barang dari kotak tersebut, maka itu tandanya untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka.

Atur lemari dengan menggunakan organizer
Pakaian, alat masak, aksesori dan sepatu adalah jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan tanpa sadar menumpuk di berbagai sudut rumah. Setelah Anda sudah memilih barang-barang yang diperlukan, ini saatnya untuk mengatur barang-barang tersebut.

Lemari akan sangat berguna untuk menyimpan barang-barang agar terlihat rapi. Selain itu, kotak kecil atau sekat pemisah seperti SKUBB, STUK, dan RASLA dapat membantu Anda untuk menaruh barang-barang kecil di dalam lemari. Selalu ingat untuk mengembalikan barang di tempat semula agar lemari tetap rapi dan terorganisir.

Baca juga: Empat label Scandinavia-Jepang untuk dekorasi minimalis

Menjadikan decluttering sebagai rutinitas
Untuk mencegah penumpukan barang terulang lagi, ada baiknya kita melakukan decluttering secara konsisten setiap tiga atau enam bulan sekali.

Dengan mengimplementasikan tips yang telah dibagikan, kini merapikan rumah akan menjadi cepat dan tidak melelahkan.

Selain itu rutinitas decluttering akan membantu Anda untuk mencari barang dengan cepat, serta menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, serta higienis.


Baca juga: Inspirasi desain apartemen mungil

Baca juga: Kiat menata rumah agar terlihat rapi

Baca juga: Kiat sulap kamar sempit jadi nyaman ditempati


 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022