Thailand pertimbangkan pengabaian karantina bagi WNA yang sudah vaksin

Thailand pertimbangkan pengabaian karantina bagi WNA yang sudah vaksin

Seorang relawan dengan alat pelindung diri (APD) mengambil sampel swab dari seorang pekerja seks untuk tes antigen cepat di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) di Chinatown Bangkok, Thailand, 13 Januari 2022. (ANTARA/REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)

Jakarta (ANTARA) - Thailand sedang mempertimbangkan untuk mengembalikan pengabaian karantina bagi warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke negaranya, dengan syarat harus sudah melakukan vaksinasi.

Dikutip dari Reuters, Selasa, hal tersebut diumumkan oleh Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul, sebagai bagian dari usulan pelonggaran beberapa tindakan COVID-19 akhir pekan ini.

Thailand dibuka kembali untuk pengunjung asing yang sudah divaksinasi pada November untuk membantu industri pariwisata vital yang runtuh selama hampir 18 bulan kebijakan masuk yang ketat.

Kebijakan ini berdampak dengan sekitar 200.000 kedatangan di tahun lalu, dibandingkan dengan hampir 40 juta pada 2019.

Kebijakan "Test and Go", yang memungkinkan pengunjung untuk melewati karantina wajib jika mereka dites negatif pada saat kedatangan, ditangguhkan pada akhir Desember karena kekhawatiran tentang penyebaran varian virus corona Omicron.

"Kami akan mengusulkan langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan aman dan sehat secara medis," kata Menteri Charnvirakul kepada Reuters.

"Jika disetujui, bisa dimulai pada 1 Februari," katanya tentang pengabaian karantina.

Thailand mencatat 6.929 infeksi COVID-19 baru dan 13 kematian pada Senin. Lebih dari 2,3 juta orang telah terinfeksi secara keseluruhan, dengan 22 ribu kematian.



Baca juga: Thailand akan kembali buka bar dan berencana menerima sebagian turis

Baca juga: Khanom Bueang, makanan penutup khas Thailand

Baca juga: Thailand perkirakan pendapatan pariwisata meningkat tahun ini

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar