Jakarta (ANTARA) - Mesin-mesin yang telah ditingkatkan yang menggabungkan pemeriksaan identitas pribadi penumpang dan kode antiepidemi terbukti efektif pada hari pertama arus mudik Festival Musim Semi di Kota Wuhan, China tengah.

Di dua stasiun kereta utama kota tersebut, total 70 mesin serupa telah dipasang di pintu keluar. Penumpang hanya perlu menggesek kartu identitas mereka untuk menunjukkan status kode kesehatan, catatan perjalanan dalam 14 hari terakhir, hasil tes COVID-19, dan catatan administrasi vaksin, yang sangat mempersingkat proses pemeriksaan manual dan mencegah kerumunan yang tidak perlu.

"Sekarang jauh lebih nyaman," kata seorang penumpang bermarga Zhang di Stasiun Hankou. Mereka yang tidak memiliki ponsel pintar atau koneksi internet selulernya terputus juga dapat langsung keluar dari stasiun.

Sebanyak 280 juta perjalanan penumpang kereta api diperkirakan tercatat selama arus mudik tahunan terbesar di China, yang akan berlangsung mulai 17 Januari hingga 25 Februari tahun ini, menurut China State Railway Group Co. Ltd. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022