Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa secara umum, inflasi volatile food sepanjang 2021 relatif rendah disebabkan oleh beberapa hal, yaitu sisi permintaan belum sepenuhnya pulih dan pasokan pangan selama 2021 cukup dan tidak terganggu.

"Kalau kita lihat 2021 tidak ada kenaikan sama sekali. Ini mungkin karena dari sisi permintaan belum pulih sama sekali. Lalu dari sisi pasokan pangannya juga cukup. Jadi, tidak terjadi peningkatan yang sangat berarti," kata Mendag pada konferensi pers, Selasa.

Mendag memaparkan, andil terbesar pada inflasi 2021 adalah inflasi inti sebesar 1,04 persen, inflasi volatile food 0,52 persen, dan inflasi administered price sebesar 0,30 persen terhadap inflasi umum.

Menurut mendag, inflasi volatile food selama 2021 dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas telur, daging ayam ras, minyak goreng, cabai rawit, dan daging sapi yang terjadi pada Ramadhan-Lebaran dan Natal-Tahun Baru.

"Kalau kita lihat di tahun 2018, 2019, 2020, biasanya kenaikan harga itu terjadi dua kali. Pertama, Lebaran dan selanjutnya Natal dan Tahun Baru. Lebaran naik, kemudian turun, dan naik lagi saat Natal dan Tahun Baru," ujar Mendag.

Namun, lanjut Lutfi, harga-harga bahan pokok tersebut saat ini relatif kembali ke harga sebelum momen Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu, dapat dikatakan bahwa kenaikan tersebut bersifat musiman, di mana para petani dan peternak mengambil peluang untuk mendapatkan keuntungan.

"Jadi, biarkan petani kita mengambil keuntungan dari situ," tukas Mendag.

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, inflasi volatile food 2021 relatif lebih rendah.

Diketahui, sepanjang 2021, inflasi volatile food berada pada angka 3,20 persen. Lebih rendah dibandingkan pada 2020 yakni 3,62 persen, kemudian pada 2019 yang angkanya sebesar 4,30 persen, dan pada 2018 sebesar 3,39 persen.


Baca juga: BI soroti meningkatnya tekanan inflasi "volatile food"

Baca juga: Harga pangan di Jakarta terpantau fluktuatif saat PPKM Darurat


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022