Korban meninggal gempa Afghanistan bertambah jadi 22

Korban meninggal gempa Afghanistan bertambah jadi 22

Arsip--Anak-anak berdiri pintu masuk rumah mereka setelah gempa, di Farkhar, Provinsi Takhar, Afganistan, Selasa (27/10). (REUTERS/Stringer )

Otoritas setempat mengunjungi sekaligus memantau situasi di wilayah terdampak di Badghis. Mereka berupaya untuk mengkoordinasikan bantuan kepada masyarakat terdampak,
Qala-e-Naw, Afghanistan   (ANTARA) - Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22, kata pejabat setempat pada Selasa.

"Data terkini dari sumber lokal kami menunjukkan bahwa 22 orang meninggal dan lima lainnya terluka menyusul gempa pada Senin di distrik Qadis, area terparah yang dilanda gempa," kata direktur informasi dan kebudayaan setempat Baz Mohammad Sarwari kepada Xinhua.

Sedikitnya 1.000 rumah di distrik Qadis, Muaqur dan ibu kota provinsi Qala-e-Naw hancur, menurut pejabat tersebut.

"Otoritas setempat mengunjungi sekaligus memantau situasi di wilayah terdampak di Badghis. Mereka berupaya untuk mengkoordinasikan bantuan kepada masyarakat terdampak," katanya.

Baca juga: Taliban janji bantu Afghanistan setelah gempa mematikan

Laporan sebelumnya menyebutkan 12 orang meninggal akibat gempa yang terjadi pada Senin sore di wilayah pegunungan.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa dengan magnitudo 5,6 melanda 40 km bagian timur Qala-e-Naw, yang berbatasan dengan Turkmenistan.

Pusat gempa, yang memiliki kedalaman 10 km itu, mulanya ditetapkan berada di 34,9479 derajat lintang utara dan 63,5686 derajat bujur timur, katanya.

Beberapa kali gempa susulan juga dirasakan di kawasan tersebut.

Sumber: Xinhua

Baca juga: Udara dingin menambah penderitaan korban gempa di Afghanistan
Baca juga: 18 orang tewas akibat gempa di Afghanistan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar