Wali Kota Jakarta Utara minta petugas atasi rob pada tiga titik

Wali Kota Jakarta Utara minta petugas atasi rob pada tiga titik

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat ditemui Balai Warga RW05 Kelurahan Rawa Badak Selatan di Koja, Jakarta Utara, Selasa (18/1/2022). (ANTARA/ HO-Kominfotik Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta petugas mengatasi banjir pesisir (rob) pada tiga titik genangan di Jakarta Utara, yakni Pademangan, Penjaringan, dan sebagian Cilincing, agar tidak terjadi kembali hingga sepekan ke depan.

"Diperkirakan rob ini ditambah adanya curah hujan tinggi di lokal, dan kiriman dari hulu yang perlu dikhawatirkan," kata Ali di Jakarta Utara, Selasa.

Baca juga: Banjir rob masih membayangi warga di Utara Jakarta

Ali menyarankan agar petugas selalu mengecek serta mengoptimalkan fungsi sarana dan prasarana untuk penanganan banjir di Jakarta Utara seperti pintu air, mesin pompa, dan alat evakuasi lain ketika terjadi kenaikan air laut ditambah curah hujan yang tinggi.

Termasuk, petugas menyiapkan sejumlah titik evakuasi jika dibutuhkan melalui koordinasi 36 anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi DKI Jakarta.

Ali optimis jika semua berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta sarana dan prasarana mitigasi banjir dalam kondisi terawat, maka dampak rob di pesisir Jakarta Utara dapat tertangani dengan baik.

"Kepada masyarakat, rawat sarana dan prasarana yang sudah kita rawat selama ini. Jangan dikotori dan harus berfungsi dengan baik," ujar Ali.

Baca juga: Pembangunan tanggul di pantai utara Jakarta terkendala pekerjaan

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta sudah memperkirakan adanya potensi banjir rob hingga 20 Januari mendatang karena hujan yang deras dan fase bulan purnama yang menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Pemerintah Kota Jakarta Utara mendapat bantuan 36 anggota TRC BPBD DKI Jakarta yang ditempatkan di Posko Bencana Jakarta Utara untuk mitigasi, termasuk memberikan bantuan yang diperlukan dalam penanggulangan rob.

Koordinasi antara Posko Bencana Jakarta Utara bersama BPBD DKI Jakarta dikomunikasikan secara intens melalui anggota TRC BPBD DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Polsek Muara Baru buka dapur umum untuk korban rob

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar