Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 RI Letjen TNI Suharyanto, dalam sebuah laporan media massa internasional, disebut telah mengunjungi Israel untuk membahas penanganan SARS-CoV-2.  

Surat kabar Israel, The Jerusalem Post, pada 17 Januari 2022 mengabarkan mantan Pangdam V Brawijaya itu mendatangi Israel untuk mempelajari penanggulangan COVID-19.

Media yang sebelumnya bernama Palestine Post itu juga menuliskan informasi mengenai kunjungan tersebut diperoleh pertama kali dari Radio Angkatan Darat Israel.

Berikut isi narasinya yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia:
"Ketika pembicaraan normalisasi antara Yerusalem dan Jakarta berlanjut, delegasi dari Indonesia mengunjungi Israel dalam beberapa hari terakhir untuk mempelajari tanggapannya terhadap COVID-19.
Delegasi tersebut antara lain Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Suharyanto. Kunjungan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Radio Angkatan Darat
".

Namun, benarkah Ketua Satgas kunjungi Israel bahas penanganan COVID-19?

Penjelasan:
Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan berita dan laporan yang telah menyebar ke beberapa media nasional maupun internasional itu tidak benar atau hoaks.

Sejak dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 pada 17 November 2021, Letjen TNI Suharyanto belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri.

Abdul Muhari juga menerangkan Letjen TNI Suharyanto juga tidak pernah merencanakan akan pergi ke Israel untuk tujuan sebagaimana ditulis dalam berita The Jerusalem Post.

Klaim: Ketua Satgas kunjungi Israel bahas penanganan COVID-19
Rating: Hoaks
 
Tangkapan layar berita The Jerusalem Post yang disebut BNPB berisi hoaks (BNPB)


Cek fakta: Israel temukan obat COVID-19 tanpa vaksinasi? Cek faktanya!

Cek fakta: Hoaks! PM Israel ancam muslim dengan vaksin

Cek fakta: Cek Fakta: Warga Papua gelar pawai pengibaran bendera Israel?

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022