Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung peringatan satu abad Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang jatuh pada 2 September 2022.

Menurut keterangan tertulis dari DPD RI yang diterima di Jakarta, Selasa, dukungan itu disampaikan saat LaNyalla menerima audiensi Pengurus Pusat PSHT di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/1/2022).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD RI didampingi Senator asal Lampung, Bustami Zainuddin. Dari PSHT hadir Ketua Umum R Moerdjoko HW, Dewan Pusat PSHT Andreas Eka Sakti, Dewan Pembina PSHT Rizal E Halim, LHA Pusat PSHT HM Rosadin, Sukriyanto, M Riyan AJ dan Sekretaris II PSHT R Arie M Adhiarta.

Baca juga: LaNyalla ajak warga PSHT teladani semangat dan nilai sejarah pendirian

Ketua Umum PSHT R Moerdjoko HW menjelaskan, ada sejumlah kegiatan yang sudah dipersiapkan. Di bidang pembinaan organisasi, Moerdjoko menyebut akan diselenggarakan kegiatan berupa penilaian cabang terbaik.

Di bidang kerohanian akan diselenggarakan sarasehan nasional PSHT. Kegiatan berikutnya kegiatan Internasional PSHT Cup yang berisi silat tanding dan seni. Ada pula Festival Pencak Silat yang menjadi rangkaian kegiatan menyambut 1 abad PSHT.

"Sebanyak 28 cabang khusus kami di luar negeri yang siap mengikuti. Lalu di bidang kegiatan bakti masyarakat ada beberapa kegiatan seperti donor darah, khitan massal, bedah rumah dan sejumlah kegiatan lainnya," tutur dia.

Baca juga: Ketua DPD RI dampingi PSHT temui Ketum KONI untuk selesaikan polemik

Moerdjoko melanjutkan, rangkaian acara bakti masyarakat tersebut sudah dimulai sejak saat ini. Puncak acara dari rangkaian yang digelar PSHT adalah Kirab Budaya Nusantara.

"Puncaknya adalah Kirab Budaya Nusantara, di mana ada dua tim merah dan putih yang berangkat dari Aceh dan Papua. Mereka akan estafet melalui cabang yang kita tunjuk. Kita akan ambil segenggam tanah di wilayah mereka masing-masing dan sebotol air yang merupakan sejarah di daerah itu," jelas dia.

Tanah dan air itu akan dibawa ke Madiun, Jawa Timur dan pada 2 September 2022, tepat pada saat upacara puncak peringatan 1 abad PSHT, dan akan dimasukkan ke dalam Monumen 1 Abad PSHT. Moerdjoko secara khusus mengundang LaNyalla untuk hadir pada momentum bersejarah tersebut.

"Untuk Kirab Budaya kira-kira memakan waktu selama 3-4 bulan. Maka kita akan mulai pada April atau Mei 2022," papar dia.

Merespons hal tersebut, LaNyalla menyatakan siap membantu memfasilitasi agar persiapan kegiatan PSHT menyambut momentum bersejarah itu berjalan tanpa halangan. Kata LaNyalla, DPD RI memiliki anggota di 34 provinsi yang bisa dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

"Saya siap membantu memfasilitasi persiapan kegiatan 1 abad PSHT. Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar tanpa halangan. Silakan libatkan anggota DPD RI untuk berkolaborasi menyukseskan kegiatan ini," kata LaNyalla.

Baca juga: Ketua DPD RI ajak warga PSHT amalkan falsafah kehidupannya

Dikatakannya, DPD RI sebagai wakil daerah memang memiliki tugas yang salah satunya adalah menjaga kebudayaan dan kearifan lokal. Dalam konteks tersebut, sebagai Warisan Budaya Tak Benda yang telah ditetapkan oleh UNESCO, maka menurut LaNyalla wajib hukumnya DPD RI memberi dukungan penuh untuk kelestarian Pencak Silat.

"Silat ini adalah Warisan Budaya Tak Benda yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Tentu kami berkomitmen menjaga hal tersebut. 1 abad ini adalah bukan usia yang main-main dan merupakan momentum yang penting untuk diperingati," ucap LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu berharap PSHT akan selalu memberikan sumbangsihnya untuk negeri, baik secara organisasi maupun individu-individu yang tergabung di dalamnya untuk memajukan bangsa ini.

"Saya berharap PSHT terus memberikan sumbangsihnya untuk bangsa ini. Di usia 100 tahun, tentu ada banyak sederet prestasi dan sumbangsih PSHT untuk negeri ini. Saya berharap hal tersebut terus ditingkatkan dan PSHT menjadi organisasi yang tetap eksis di negeri ini," harap LaNyalla.
 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022