Piala Afrika

Senegal tetap juarai Grup B Piala Afrika walau ditahan imbang Malawi

Senegal tetap juarai Grup B Piala Afrika walau ditahan imbang Malawi

Bek tim nasional Senegal Kalidou Koulibly (kanan) berusaha menghentikan pergerakan penyerang Malawi Gabadinho Mhango dalam pertandingan penyisihan Grup B Piala Afrika 2021 di Stadion Koukeong, Bafoussam, Kamerun, Selasa (18/1/2022) waktu setempat. ANTARA/AFP/Pius Utomi Ekpei.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Senegal tetap keluar sebagai juara Grup B Piala Afrika 2021 walau ditahan imbang tanpa gol kala menghadapi Malawi dalam laga pemungkas penyisihan grup di Stadion Koukeong, Bafoussam, Kamerun, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kedudukan Senegal di puncak klasemen akhir Grup B tidak lepas dari hasil mengejutkan dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Yaounde, di mana Zimbabwe menumbangkan Guinea dengan skor 2-1.

Senegal melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup B dengan koleksi lima poin didampingi Guinea yang finis di urutan kedua, sedangkan Malawi yang berada di posisi ketiga dengan empat poin berpeluang lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, demikian catatan situs resmi CAF.

Baca juga: Zimbabwe kejutkan Guinea tapi gagal lolos 16 besar Piala Afrika

Statistik pertandingan memperlihatkan Senegal tampil mendominasi lebih dari 78 persen penguasaan bola, sayangnya serangan mereka relatif tumpul dengan hanya melepaskan sepuluh percobaan sepanjang laga.

Salah satu peluang terbaik Senegal terjadi pada menit ke-49 saat Habib Diallo melepaskan tandukan ke pojok kiri atas gawang, tetapi kiper Charles Thomu mampu melakukan penyelamatan gemilang menepis bola.

Kesempatan apik lain diciptakan Senegal pada menit ke-86 melalui umpan terobosan Kalidou Koulibaly yang berusaha diselesaikan oleh Eamara Diedhiou, tetapi lagi-lagi Thomu sigap mengamankan gawang Malawi.

Lantas tepat di pengujung waktu normal Bamba Dieng menyia-nyiakan kesempatan emas saat menerima umpan silang Fode Ballo-Toure dan tembakannya dari jarak dekat malah melambung di atas mistar gawang.

Sementara Malawi yang lebih banyak tertekan kesulitan menembus pertahanan Senegal dan mengandalkan spekulasi jarak jauh yang tak satu pun menemui sasaran.

Bekal empat poin dan selisih gol impas dua memasukkan-dua kebobolan masih bisa membuat Malawi lolos ke 16 besar apabila setidaknya dua tim peringkat ketiga lain punya raihan yang lebih buruk.

Baca juga: Gabon izinkan Aubameyang pulang ke Arsenal karena masalah jantung

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar