Manado (ANTARA) - Kota Kotamobagu dan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), berstatus zona hijau penularan COVID-19, Selasa.

"Dari 15 kabupaten dan kota, Kotamobagu dan Sangihe berstatus zona hijau, sisanya zona kuning," ujar Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Selasa.

Dari data zonasi risiko, per 17 Januari 2022 tercatat, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Kotamobagu sebanyak 1.545 orang, sembuh 1.509 orang, satu kasus aktif dan sebanyak 35 orang meninggal.

Sementara Kabupaten Kepulauan Sangihe, sebanyak 1.141 orang terkonfirmasi positif, dinyatakan sembuh 1.103 orang, tidak ada kasus positif dan 38 orang di antaranya meninggal.

Baca juga: Delapan kabupaten di Sulut nihil kasus COVID-19

Baca juga: 33.609 warga Sulut sudah sembuh dari COVID-19


Dia berharap, upaya vaksinasi COVID-19 di setiap kabupaten dan kota mendapatkan respon positif dari masyarakat yang belum divaksinasi.

"Kita mempunyai harapan bersama agar penularan COVID-19 dapat dikendalikan, mari terapkan 5M dan divaksinasi," ajaknya.

Data pekan sebelumnya, daerah yang berstatus zona hijau penularan COVID-19 yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Jadi mulai terdeteksi adanya kasus-kasus baru di daerah-daerah yang sebelumnya tidak ada kasus," kata dr Steaven Dandel MPH di Manado.*

Baca juga: Pemprov Sulut percepat vaksinasi 'booster' COVID-19

Baca juga: Sepuluh daerah di Sulut penuhi syarat beri vaksinasi penguat nonlansia

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022