Pekanbaru (ANTARA News) - Tim dokter spesialis RS Santa Maria menyatakan penyanyi senior Utha Likumahuwa terancam tak bisa bernyanyi lagi karena sakit yang dideritanya.

"Apabila penyembuhan tidak sempurna, maka Utha kemungkinan tak bisa bernyanyi lagi karena terjadi gangguan di syaraf pusat bicara yang ada di otak kiri," kata Dr Christ U Rumantir SPs, dokter spesialis syaraf yang merawat Utha di RS Santa Maria, Pekanbaru, Selasa.

Penyanyi jazz berdarah Ambon itu mengalami serangan jantung pada Minggu (26/6) malam dan hingga kini masih dirawat di ruang ICU RS Santa Maria.

Dua dokter spesialis memberikan penanganan khusus bagi pelantun lagu "Esok Kan Masih Ada" itu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan MRI, lanjut Dr. Christ, Utha mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak sebelah kiri. Hal tersebut berdampak pada kelumpuhan bagian tubuh sebelah kanan dan Utha sampai kini tak bisa berbicara.

Ia mengatakan, pihak RS Santa Maria terus berusaha agar Utha bisa sembuh total dan tak kehilangan suara emasnya.

"Kemungkinan sembuh total sekarang masih 50-50," ujarnya.

Dokter spesialis penyakit dalam Dr. Juwanto SpPd mengatakan kemungkinan Utha sebelumnya sempat mengalami kelelahan yang mengakibatkan kadar gulanya melampaui batas. Apalagi, Utha juga memiliki riwayat penyakit diabetes.

Menurut dia, kadar gula darah Utha kini mencapai 150 sampai 200 dan tensi darah 110/90. Selain itu, ia juga mengalami gangguan pada jantungnya.

"Kondisi jantungnya masih bisa terkontrol," katanya.(*)

(T.F012/R007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011