Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta bencana alam yang mengancam sejumlah wilayah setempat.

"Belajar dari pengalaman sebelumnya, meskipun daerah kita sering dilanda hujan, kami tetap mewaspadai adanya karhutla serta bencana alam lainnya seperti banjir," kata Nanang Avianto di Palangka Raya, Rabu.

Jenderal berpangkat bintang dua itu juga menekankan agar semua sarana dan prasarana berfungsi dengan baik saat digunakan. Ia juga meminta kepada para operator atau personel yang mengendalikan peralatan penanggulangan bencana, wajib melakukan pelatihan kembali.

Baca juga: Kalteng tetapkan status siaga darurat bencana karhutla

"Hal ini agar menambah kemahiran mereka, sehingga ketika terjadi bencana alam atau karhutla semua personel dan sarana prasarananya sudah siap," ucapnya.

Orang nomor satu di jajaran Polda Kalteng itu menegaskan para personel jangan sampai terlena karena dalam dua tahun ini bencana karhutla tidak melanda Provinsi Kalteng.

Meskipun bencana karhutla tidak ada, ia tetap menekankan kepada personelnya di setiap jajaran selalu siap siaga serta merawat sarana dan prasarana yang saat ini berfungsi dengan baik.

"Maka dari itu, pelatihan-pelatihan simulasi akan kita gelar, sehingga semua peralatan bisa berfungsi dengan baik dan personel piawai dalam mengoperasikan alat yang selama ini menjadi tanggung jawabnya," jelas dia.

Baca juga: Polda Kalteng tetap prioritaskan penanganan COVID-19 dan karhutla

Baca juga: 8.312 personel disiapkan tangani karhutla di Kalteng


Ditambahkan Kapolda apa yang dipersiapkan Polda Kalteng juga dibantu oleh pemerintah daerah melalui sejumlah pemangku kepentingan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan Kalteng serta instansi lainnya.

Upaya juga didukung oleh pemerintah daerah di provinsi setempat dan personel dari Korem 102 Panju Panjung dan jajarannya di setiap wilayah.

"Saya juga selalu tekankan saat menangani bencana alam serta karhutla para personel harus disiplin. Karena, apa yang dilakukan tidak akan berhasil ketika tidak dilakukan dengan disiplin, sama seperti persoalan COVID-19 harus disiplin terhadap protokol kesehatan," kata Kapolda.

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022