Brasilia (ANTARA) - Brazil melaporkan rekor 137.103 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir ketika varian Omicron menyebar di negara Amerika Selatan itu.

Kementerian Kesehatan Brazil juga melaporkan angka kematian yang bertambah 351 pada Selasa, jumlah tertinggi sejak pertengahan November.

Omicron semakin menjadi varian dominan di negara itu. Kasus-kasus baru telah melonjak di atas rekor kasus harian sebelumnya yang mencapai 115.228 pada 23 Juni tahun lalu.

Selama pandemi, Brazil telah melaporkan 23.211.894 kasus dan 621.517 kematian, menurut data pemerintah.

Angka kematian akibat COVID-19 itu menjadi yang terbanyak ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia, menurut perhitungan Reuters.

Sebaran Omicron kembali membuat penuh rumah sakit di Brazil.

Kondisi itu mendorong pemerintah untuk menyediakan lebih banyak ranjang perawatan dan mengerahkan lebih banyak staf medis, meskipun Omicron dianggap kurang ganas ketimbang varian-varian sebelumnya.

Hampir 70 persen penduduk Brazil telah divaksinasi penuh. Negara itu pekan ini mulai memvaksinasi anak usia 5-11 tahun, meskipun mendapat tentangan dari Presiden Jair Bolsonaro yang skeptis terhadap vaksin.

Sumber: Reuters
Baca juga: Brazil laporkan 112.286 kasus dan 251 kematian harian COVID
Baca juga: Regulator kesehatan Brazil minta Bolsonaro tarik kritik atas vaksin
Baca juga: Brazil umumkan kematian perdana Omicron

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022