Jakarta (ANTARA) - Rio Waida adalah salah satu sosok pria gen Z Indonesia berprestasi yang mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dan berbagai kompetisi selancar tingkat dunia. Rio mengungkapkan seperti apa gen Z dan hal menarik dari generasinya berdasarkan sudut pandangnya.

Baca juga: Rio Waida melaju ke babak 48 besar Quicksilver Pro France 2021

"Menurut saya, cowok gen Z sekarang lebih open minded. Kami lebih terbuka untuk menunjukkan apa passion dan juga berani tunjukkan uniqueness kami," kata Rio, dikutip dari siaran resmi Axe, Rabu.

Pikiran yang lebih terbuka ini menjadi daya tarik dari gen Z karena mereka berani untuk menunjukkan hal-hal berbeda, daya tarik yang bervariasi tergantung dari setiap individu.

"Kami pun berani berpendapat dan berekspresi. Termasuk ekspresif tunjukkan passion kami, our uniqueness," ujar Rio yang mulai selancar sejak berusia lima tahun di Bali.

Atlet yang belajar selancar bersama orangtuanya ini berpendapat, gen Z yang terpapar dengan serba teknologi digital memang terbuka dengan keragaman, karakteristik lain dari generasi mereka.

"Kami lahir di era teknologi yang punya platform untuk tunjukkan what we got, our uniqueness. Jadi apabila ada anak muda yang berani tunjukkan uniqueness mereka lewat platform sendiri, itu keren. Mau itu music, even surfing. Whatever it is, be loud at it. Itu yang dorong kami tunjukkan our uniquess, my world."

Tantangan terbesar untuk gen Z, menurut Rio, datang dari diri sendiri. Gen Z bisa menjadi siapa pun yang mereka mau, tak ada batasan atau kekangan. Mereka bisa menjalani apa yang disukai dan menunjukkan warna dari diri sendiri. Rio mengatakan, semua dimulai dari kepercayaan diri dan keyakinan untuk tampil lebih ekspresif.

"Karena confidence and faith dorong kami tampil lebih ekspresif, tunjukkan who are we with our confidence. And confidence start with be presentable and smell good. Ini yang bantu lebih stand out dan membantu kami lebih attractive."


Baca juga: Rio Waida bangga menjadi pembawa Merah Putih di "rumah kedua"

Baca juga: Pandemi bikin Gen Z makin lengket dengan dunia digital

Baca juga: Antarestar, bisnis beromzet puluhan juta milik Gen Z

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022