Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menerapkan strategi hybrid bank di era digital  yang terbukti efektif, karena mayoritas pelaku usaha industri perbankan telah terbiasa dengan digitalisasi.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo menjelaskan hybrid bank lebih cocok diterapkan karena BRI memiliki nasabah yang sangat heterogen.

“Strategi kami mengandalkan hybrid bank untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang beragam karakteristiknya. Apalagi di tengah pandemi, kondisi ini semakin mempercepat proses digitalisasi. Namun, masih ada sejumlah nasabah yang masih nyaman dengan layanan perbankan secara fisik,” jelas Indra dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam pengaplikasian hybrid bank, BRI menerapkan prinsip phygital atau physical and digital, yang merupakan paduan keunggulan layanan fisik secara langsung dan tentunya secara digital.

Penerapan hybrid bank dilakukan BRI melalui transformasi digital yang didasarkan pada tiga landasan utama, yakni pertama, digitalisasi proses bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan berfokus pada efisiensi, seperti pada layanan BRImo, BRISpot hingga BRILink.

Baca juga: BRI: Kolaborasi dengan fintech permudah pembayaran digital dan aman

Kedua adalah BRI menyiapkan platform digital untuk masuk dalam ekosistem bisnis. Hal ini menjadi sumber pertumbuhan baru karena mendorong peningkatan CASA, FBI, dan nasabah baru.

Ketiga, BRI berinovasi dalam teknologi keuangan dengan pendekatan fully digital and new business model untuk memberikan layanan kepada nasabah dengan lebih cepat dan efisien.

"Landasan tersebut seiring dengan misi kami memberikan layanan perbankan hingga ke seluruh penjuru negeri. Strategi BRI adalah go smaller, go shorter, and go faster untuk menjadi The Most Valuable Banking group in Southeast Asia & Champian of Financial Inclusion,” kata Indra.

Menurut dia, langkah strategis BRI itu pun menuai hasil positif, yang terlihat dari tingkat inklusi layanan perbankan digital BRI bertumbuh lebih dari 100 persen sepanjang 2021 dan pertumbuhan volume penggunaan mobile apps atau super apps BRI naik kurang lebih 600 persen, sehingga keberhasilan tersebut akan terulang pada 2022.

BRI pun mulai menyusun blueprint transformasi dengan visi besar BRIvolution 1.0 dan berubah menjadi menjadi BRIvolution 2.0 karena tantangan bisnis di masa pandemi.

Baca juga: BRI raih berbagai penghargaan untuk inovasi digital sepanjang 2021

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022