Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 162 proyek kerja sama bisnis senilai 25 miliar dolar AS telah diteken di bawah Inisiatif Demonstrasi tentang Konektivitas Strategis China-Singapura pada akhir 2021.

Informasi itu diumumkan dalam laporan kerja pemerintah China yang disampaikan pada Senin (17/1) dalam pertemuan sesi kelima Kongres Rakyat Kota Chongqing ke-5.

Diluncurkan pada 2015, inisiatif itu terutama menargetkan sektor-sektor layanan keuangan, transportasi udara, logistik, dan komunikasi informasi.

Proyek di bawah inisiatif tersebut merupakan proyek kerja sama ketiga antara pemerintah China dan Singapura. Sebelumnya, kedua negara telah menjalin kerja sama Kawasan Industri Suzhou di provinsi Jiangsu, China timur dan kerja sama Kota Ekologi Tianjin di kota Tianjin, China utara.

Selain itu, sebuah jalur perdagangan dan logistik yang dibangun bersama oleh Singapura dan wilayah setingkat provinsi di China barat juga dilakukan untuk meningkatkan konektivitas antara China dan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Chongqing merupakan salah satu dari empat kota khusus setingkat provinsi di China yang dipimpin langsung oleh pemerintah pusat. Kota tersebut mencatat 2.036 perjalanan kereta kargo via koridor perdagangan internasional jalur darat-laut pada 2021. Koridor itu memperluas jangkauannya ke 315 pelabuhan di 107 negara dan kawasan di seluruh dunia.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022