Jakarta (ANTARA) - Debut petenis Indonesia Aldila Sutjiadi bersama Peangtarn Plipuech (Thailand) terhenti di babak pertama Grand Slam Australian Open 2022.

Tampil pada sektor ganda putri, Aldila/Plipuech kalah dari pasangan Alexa Guarachi (Chili)/ Nicole Melichar-Martinez (Amerika Serikat) di lapangan 17 Melbourne Park, Australia, Rabu, dengan dua set langsung 4-6, 2-6.

Aldila tampil bersama Plipuech dalam ajang grand slam pembuka musim ini dengan fasilitas wildcard. Peraih emas Asian Games 2018 pada sektor ganda campuran bersama Christopher Rungkat itu hadir dengan status debutan bersama 63 petenis lainnya.

Baca juga: Aldila Sutjiadi kantongi wildcard Australian Open

Dia pun merasakan atmosfer pertandingan Australian Open selama 58 menit sebelum akhirnya kalah pada babak pertama. Meski begitu, tampil di Melbourne Park menjadi awal yang baik untuk mengarungi musim 2022.

Sebelum tampil di Australian Open 2022, Aldila juga telah dua kali turun di turnamen yang berlangsung di Negeri Kanguru.

Khusus untuk nomor ganda putri, dia membuka tahun 2022 dengan menjadi runner-up pada ITF World Tour Tennis W60+H di Traralgon, 3-9 Januari. Aldila tampil bersama Catherine Harrison asal Amerika Serikat dan kalah di final dari dari Emina Bektas (AS)/Tara Moore (Inggris) 6-0, 6-7 (8-10).

Baca juga: Aldila juarai ganda putri turnamen tenis W100 di Florida

Kemudian dia berpasangan pada Plipuech dalam gelaran WTA 250 Adelaide International 2 di Adelaide, 10-15 Januari. Namun mereka tersingkir pada babak pertama kalah dari Elixane Lechemia (Prancis)/Ingrid Neel (AS) dengan skor 3-6, 6-1 (5-10).

"Terima kasih atas dukungannya. Pada set pertama sebenarnya ada peluang, namun kami tak bisa mengambilnya," kata Aldila dalam keterangan tertulis, Rabu.

Indonesia memiliki dua petenis yang tampil pada Australian Open. Selain Aldila, ada Christopher Rungkat yang turun pada sektor ganda putra bersama petenis asal Filipina, Treat Huey.

Baca juga: Aldila raih gelar kategori ganda di Charleston W60

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022