Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Christopher Rungkat dan Treat Huey asal Filipina memastikan kemenangan pertama pada sektor ganda turnamen Grand Slam Australian Open 2022.

Mereka melaju ke babak kedua setelah mengalahkan Edouard Roger-Vasselin (Prancis)/Rohan Bopanna (India) di lapangan lima Melbourne Park, Victoria, Australia, Rabu, dengan skor 3-6, 7-6(2), 6-2.

Christo, sapaan akrab Christopher Rungkat dan Treat Huey mengawali perjalanan di turnamen grand slam pembuka musim ini dengan tidak mudah. Mereka harus berjuang keras dan bahkan sempat kehilangan set pertama.

Kemenangan Christo/Treat Huey dapat dikatakan sebagai kejutan. Sebab, mereka datang dengan status wildcard. Lebih dari itu, mereka juga berada jauh di bawah peringkat sang lawan.

Baca juga: Christopher Rungkat siap lakoni laga perdana Australian Open 2022

Christo berada di urutan 152 dunia dan sang partner di posisi 137. Sedangkan Edouard Roger-Vasselin berada di peringkat 44 dunia dan Rohan Bopanna di urutan 43.

Namun pada pertandingan hari ini, Christo/Treat Huey membuktikan kehadiran mereka bukan sekadar pelengkap di Australian Open.

Berdasarkan statistik, Christo/Treat sukses melakukan ace sebanyak enam kali. Mereka juga tak membuat double faults sama sekali selama pertandingan berlangsung. Servis pertama keduanya 75 persen menghasilkan poin.

Namun, Christo/Treat tampaknya harus mengevaluasi permainan mereka, khususnya saat mengembalikan servis dari lawan.

Berkaca dari statistik pertandingan pertama, mereka hanya berhasil mengembalikan bola sebanyak 20 kali dari 70 servis pertama yang dilakukan oleh lawan atau hanya 28 persen.

Terlepas dari statistik tersebut, kemenangan pertama ini membuat Christo/Treat lebih percaya diri mengarungi Australian Open 2022.

Pada pertandingan selanjutnya, mereka masih menunggu pemenang dari laga unggulan 16 Andrey Golubev (Kazakhstan)/Franko Skugor (Kroasia) versus wakil tuan rumah Dane Sweeny/Li Tu.

Baca juga: Debut Aldila terhenti di babak pertama Australian Open 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022