Jakarta (ANTARA) - Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Sri Wahyuningsih mengingatkan para orang tua tentang pentingnya anak berolahraga untuk pembentukkan karakternya.

"Olahraga menjadi satu sarana bagaimana kita mampu meningkatkan kerja sama. Melalui olahraga akan membentuk pribadi-pribadi (anak) yang berkarakter," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Sri mengatakan, melalui berolahraga anak akan belajar bersinergi satu sama lain, saling menghormati, memiliki mental sportif. Oleh karena itu, dia berpendapat orang tua perlu mendukung anak-anak mereka untuk selalu bergerak aktif salah satunya melalui olahraga.

Baca juga: Pentingnya peregangan walau tidak berolahraga

"Anak-anak yang sejak dini memiliki kemampuan imajinasi yang baik, bergerak aktif, kreatif akan secara bertahap menjadi kebiasaan lalu menjadi karakter anak," kata dia.

Bentuk dukungan yang bisa diberikan orang tua pada anak-anak agar bisa menjadi sosok-sosok energik dan kreatif antara lain dengan memberikan mereka kesempatan berkompetisi yang bisa meningkatkan kreativitas baik yang diselenggarakan pojal sekolah, masyarakat atau dunia industri.

Menurut Sri, di era kemajuan teknologi saat ini, anak bisa diikutsertakan berbagai kompetisi dalam bentuk apapun yang pada akhirnya akan menjadikan mereka sosok dengan mental pribadi tangguh di masa mendatang.

Lebih lanjut, di masa pandemi COVID-19 yang memasuki hampir dua tahun in, Sri mengatakan, menyebabkan anak-anak belajar dari jarak jauh atau di rumah dan ini membuat mereka cenderung kurang bergerak.

"Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memberikan dampak pada anak, tidak hanya ketertinggalan pada capaian pembelajaran, juga dampak anak-anak tidak aktif bergerak, duduk," kata Sri.

Untuk itu, sekali lagi, Sri mengingatkan orang tua agar mendorong anak-anak mereka bisa bergerak secara fisik karena ini juga bisa mempengaruhi kualitas kesehatannya.

Selain berolahraga, dia juga mengingatkan orang tua tetap membiasakan pada anak menerapkan disiplin protokol kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan memberikan vaksin untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh sebagai kunci utama melawan pandemi.

Baca juga: Pentingnya tubuh yang sehat untuk jiwa yang sehat

Baca juga: Sambut Haornas, inilah manfaat pentingnya berolahraga

Baca juga: Pentingnya aktivitas fisik selama pandemi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022