KONI Pusat berharap Papua Barat jadi percontohan sports tourism

KONI Pusat berharap Papua Barat jadi percontohan sports tourism

Ketua umum KONI Pusat Marciano Norman (keempat dari kanan) berfoto bersama dengan jajaran pengurus Pengprov KONI Papua Barat di kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2022) (ANTARA/HO-KONI Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn. Marciano Norman, menyampaikan harapannya kepada Papua Barat agar menjadi percontohan sports tourism di Indonesia.

Menurutnya, Papua Barat adalah provinsi yang memiliki destinasi wisata potensial. Untuk itu, dia meminta kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) KONI Papua Barat untuk dapat memanfaatkan secara maksimal dengan cara menggelar kompetisi-kompetisi olahraga.

"KONI Papua Barat harus menjadi KONI percontohan yang berhasil mengembang sport tourism. Potensi sports tourism Papua Barat sangat sayang jika tidak dimanfaatkan maksimal," kata Marciano Norman dalam keterangan tertulis saat menerima kunjungan KONI Papua Barat di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Rabu.

"Saya berharap adanya kompetisi olahraga yang memperkenalkan pariwisata Papua Barat, seperti Raja Ampat dan lainnya. Melalui olahraga, kita kenalkan Papua Barat yang sangat kaya,” ujar Marciano menambahkan.

Baca juga: Ketum KONI harapkan PON pacu pengembangan sport tourism di Papua

KONI Papua Barat menyambangi markas KONI Pusat dengan salah satu tujuannya adalah meminta bimbingan sebelum menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Setelah itu, KONI Papua Barat berencana menggelar Musyawarah Provinsi. Wakil Ketua II KONI Papua Barat, Sugestiono, juga menyampaikan harapan Ketum KONI Pusat menjadi narasumber kegiatan yang tengah direncanakan.

Dalam audiensi tersebut, Marciano juga berpesan agar jajaran pengurus KONI Papua Barat mendukung penuh Ketua Umum KONI Papua Barat Dominggus Mandacan yang juga mengemban amanah sebagai Gubernur Papua Barat. Oleh karenanya jajaran pengurus harus aktif bekerja mengupayakan peningkatan kualitas pembinaan olahraga prestasi.

“Sebanyak 39 cabang olahraga yang dinaungi KONI Papua Barat harus dibina dengan baik oleh jajaran pengurus, Papua Barat pasti bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi tingkat nasional dan kemudian mewakili Indonesia pada kompetisi internasional,” pungkas Marciano Norman.

Baca juga: Presiden: Olahraga buka peluang Indonesia kembangkan "sport tourism"
Baca juga: Menpora sebut sport tourism bisa jadi kekuatan utama Indonesia
Baca juga: Indonesia bisa tiru Thailand kembangkan Sport Tourism

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar