Polda Metro akan perketat penerbitan pelat nomor kendaraan khusus

Polda Metro akan perketat penerbitan pelat nomor kendaraan khusus

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Dalam tiga hari sudah ada 124 kendaraan berpelat STNK khusus atau rahasia yang kami tindak dengan tilang
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memperketat pengawasan terhadap proses penerbitan dan penggunaan pelat nomor kendaraan khusus untuk keperluan dinas.

"Dalam rangka penertiban terhadap STNK khusus dan rahasia, mulai dari minggu ini kami sudah melakukan pengetatan terhadap permohonan STNK rahasia atau khusus baik permohonan baru atau perpanjangan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Rabu.

Sambodo mengatakan salah satu bentuk pengetatan pengawasan tersebut adalah pemohon yang akan melakukan perpanjangan maupun permohonan pelat khusus harus membawa surat rekomendasi dari instansi terkait.

Untuk instansi pemerintah harus ada surat permohonan dari eselon satu setingkat Dirjen ke atas. Kemudian TNI Polri harus diketahui oleh kepala kesatuan masing-masing dilengkapi dengan tanda tangan.

"Ketika akan diperpanjang kita akan ketatkan persyaratan sehingga mungkin tidak semuanya STNK rahasia atau khusus yang bisa diperpanjang," ujarnya.

Lebih lanjut Sambodo menegaskan pelat nomor khusus atau rahasia untuk dinas tersebut tidak kebal dari penindakan hukum.

Sambodo mengatakan bahwa jajarannya selama tiga hari terakhir telah melakukan penertiban terhadap kendaraan berpelat nomor khusus dan rahasia.

"Dalam tiga hari sudah ada 124 kendaraan berpelat STNK khusus atau rahasia yang kami tindak dengan tilang, dengan berbagai jenis pelanggaran terutama paling banyak pelanggaran ganjil genap dan pelanggaran bahu jalan dan pelanggaran penggunaan rotator dan sirine," ujarnya.
Baca juga: Polda Metro tilang 23 pelat nomor "dewa"
Baca juga: Operasi Zebra Jaya bidik pelat nomor khusus
Baca juga: Polri keluarkan telegram sosialisasi pelat khusus anggota DPR

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar