Laporan dari China

Ofisial AS dapat visa dari China untuk Winter Olympic

Ofisial AS dapat visa dari China untuk Winter Olympic

Seorang polisi paramiliter menyilangkan tangannya ke arah juru foto di depan maskot Olimpiade Musim Dingin 2022 Beijing di Beijing, China, Sabtu (15/1/2022). REUTERS/Thomas Peter/hp/cfo

Beijing (ANTARA) - Otoritas China menerbitkan visa untuk beberapa ofisial Amerika Serikat yang akan mengikuti Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) di Beijing mulai 4 Februari 2022.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Rabu, menyebutkan di antara yang mendapatkan visa berdasarkan pengajuan permohonan tersebut adalah ofisial dari Kemenlu AS.

"Kami berharap AS bisa bekerja sama dengan China untuk menciptakan iklim yang baik di Winter Olympic," ujarnya dalam pengarahan pers reguler itu.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menyatakan tidak akan mengirimkan diplomat atau ofisial ke ajang pertandingan multicabang musim dingin empat tahunan itu.

Saat ditanya mengenai perubahan sikap AS itu, Zhao meminta awak media menanyakan kepada pihak AS.

Namun dalam beberapa kali kesempatan, dia mengatakan bahwa China tidak pernah mengundang politikus AS dan Barat pada penyelenggaraan Winter Olympic.

Beberapa negara Barat telah memboikot Winter Olympic di Beijing dengan dalih pelanggaran hak asasi manusia yang diduga dilakukan otoritas China terhadap etnis minoritas Muslim Uighur di Daerah Otonomi Xinjiang.  

Baca juga: Terkait HAM, Denmark juga akan boikot Olimpiade Beijing

Baca juga: Penjualan tiket Winter Olympic untuk umum dihentikan


 

Menilik restoran pintar di pusat media Olimpiade Beijing 2022

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar