Piala Afrika

Nigeria musnahkan asa Guinea-Bissau dengan menang 2-0

Nigeria musnahkan asa Guinea-Bissau dengan menang 2-0

Pemain Nigeria Umar Sodiq berebut bola dengan pemain Guinea Bissau Opa Sangante dalam pertandingan Grup D Piala Afrika 2021 di Stade Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, 19 Januari 2022. (REUTERS/imago images/Shengolpixs via Reu/via www.imago-images.de)

Jakarta (ANTARA) - Striker Sadiq Umar mencetak gol pertamanya untuk Nigeria ketika mereka menang 2-0 atas Guinea-Bissau dalam pertandingan Grup D Piala Afrika 2021, Kamis dini hari.

Kemenangan itu memastikan Nigeria menorehkan statistik sempurna sembilan poin yang sekaligus membuat Guinea-Bissau berkemas pulang ke negerinya.

Umar yang sebelum ini dikritik karena beberapa kali melakukan kesalahan mencolok dalam laga-laga sebelumnya, mencetak gol ketika umpan luar biasa dari Kelechi Iheanacho dengan menggunakan bagian luar sepatunya menyilang gawang untuk menjadi umpan matang yang dimaksimalkan striker jangkung itu.

Baca juga: Bungkam Sudan 1-0, Mesir lolos ke 16 Besar Piala Afrika

Nigeria semakin kesetanan dengan mendominasi penguasaan bola dan kemudian mencetak gol kedua tatkala William Troost Ekong menyarangkan bola dari jarak dekat setelah tendangan Moses Simon membentur mistar gawang menyusul sebuah tusukan ke kotak penalti.

Sebelum laga itu Nigeria sudah memastikan dari ke babak berikutnya dan menjadi satu-satunya tim yang memasuki babak kedua dengan mencatat tiga kemenangan.

Mesir menduduki urutan kedua dengan enam poin, sedangkan Guinea-Bissau dan Sudan masing-masing berakhir dengan satu poin, demikian Reuters.

Baca juga: Zimbabwe kejutkan Guinea tapi gagal lolos 16 besar Piala Afrika

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar