Jakarta (ANTARA) - Komedian Jon Stewart akan dinobatkan sebagai penerima penghargaan ke-23 untuk Mark Twain Prize for American Humor di Kennedy Center, Washington, AS, pada April mendatang.

Penamaan penghargaan merujuk pada novelis dan penulis esai Samuel Langhorne Clemens atau yang dikenal dengan nama pena Mark Twain. Richard Pryor merupakan penerima penghargaan yang pertama, terakhir Dave Chappelle menerima penghargaan pada 2019.

“Selama lebih dari tiga dekade, Jon Stewart telah mencerahkan hidup kami serta menantang pikiran kami saat ia menyampaikan peristiwa terkini dan sindiran sosial dengan kecerdasan dan kebijaksanaan khasnya,” kata Kennedy Center dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Kamis.

Stewart akan diberi penghargaan pada 24 April di Washington melalui sebuah upacara yang disiarkan televisi. Penghargaan ini menjadi yang pertama diadakan sejak 2019 karena pandemi COVID-19.

“Saya benar-benar merasa terhormat menerima penghargaan ini,” kata Stewart.

Pada tahun 2021 atau enam tahun setelah meninggalkan acara “The Daily Show”, Stewart kembali ke dunia televisi dengan acara baru “The Problem With Jon Stewart” yang diluncurkan di platform streaming Apple TV+ pada 30 September.

Sindiran Stewart membuatnya menjadi sosok yang dicintai dengan pengaruh yang melampaui 2 hingga 3 juta penonton malam “The Daily Show” di saluran televisi Comedy Central.

“The Daily Show” memenangkan 20 Emmy Awards saat Stewart menjadi pembawa acara tersebut selama 16 tahun. Acara ini juga turut meningkatkan karier komedian lainnya, termasuk Stephen Colbert, John Oliver, dan Samantha Bee. Saat ini acara “The Daily Show” dibawakan oleh Trevor Noah.

Setelah mengundurkan diri pada 2015, Stewart jarang tampil di depan umum. Ketika masih bergabung di “The Daily Show”, ia pernah mengadvokasi veteran peran dan responden pertama yang jatuh sakit setelah serangan 11 September 2001 di New York dan Washington agar bisa mendapatkan tunjangan kesehatan.

Pada 2020, ia menulis dan menyutradarai “Irresistible”, sebuah film komedi politik yang dibintangi Steve Carell dan mendapat tinjauan beragam.

Baca juga: Jon Stewart dan Pete Davidson adakan acara komedi untuk peringati 9/11

Baca juga: Komedian David Letterman terima Penghargaan Mark Twain

Baca juga: Bill Murray akan dianugerahi Mark Twain Prize

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022