ubah citra bank menjadi inklusif karena selama ini perbankan dinilai eksklusif oleh masyarakat
Mataram (ANTARA News) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Badrul Munir, meminta perbankan tidak lagi eksklusif terhadap nasabah, sehingga menghambat penyaluran kredit khususnya bagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah.

"Mari kita ubah citra bank menjadi inklusif karena selama ini perbankan dinilai eksklusif oleh masyarakat," katanya ketika memberikan sambutan pada acara NTB Banking Expo 2011 di Mataram, Kamis.

Acara tersebut dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia, Muliaman D Hadad, para pimpinan bank swasta nasional yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi NTB.

Kegiatan NTB Banking Expo 2011 digelar mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2011, bertujuan meningkatkan daya serap kredit khususnya pembiayaan untuk sektor UMKM.

Tujuan lainnya adalah untuk mempromosikan produk perbankan, khususnya skema kredit dan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat terkait dengan dunia perbankan.

Secara terbuka, Munir merespon positif upaya nyata  Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) NTB, yang melaksanakan gelaran perbankan  dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus mendekatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan perbankan.

Menurut dia, sektor perbankan sangat strategis dalam menunjang pertumbuhan ekonomi NTB yang tengah berupaya membangun perekonomian dari berbagai sektor.

"Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, program percepatan pembangunan ekonomi difokuskan pada tiga komoditas unggulan yaitu sapi, jagung dan rumput laut. Tiga pilar ini biasa disingkat Pijar yang berdampingan dengan sektor pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

Ia juga menilai posisi perbankan sangat strategis untuk membantu NTB dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki, melalui jaringan yang dimliki perbankan di seluruh Indonesia.

Bantuan promosi potensi wisata merupakan walah satu wujud nyata perbankan kepada NTB.

Munir juga meminta kepada perbankan untuk bisa memberikan kesempatan kepada NTB menampilkan berbagai kesenian dan budaya daerah pada pentas seni dan budaya yang diadakan setiap tahun.

"Saya yakin jalur itu sangat efektif untuk memperkenalkan pariwisata NTB, baik di tingkat nasional dan internasional," ujarnya.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011