Jakarta (ANTARA News) - Aktor Hollywood, Richard Gere, resmi diangkat menjadi duta pariwisata Indonesia, demikian disampaikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

"Richard Gere sudah resmi menyatakan kesanggupannya menjadi duta pariwisata Indonesia," kata Menbudpar Jero Wacik di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, saat kedatangan Gere ke Indonesia untuk mengunjungi Borobudur dan Bali, pihaknya menyampaikan permintaan tersebut kepada salah satu artis peraih Golden Globe Award itu.

Richard Gere menyambut baik permintaan Menbudpar dan mengaku sangat mengagumi keindahan alam Indonesia sekaligus keramahtamahan masyarakatnya.

"Richard Gere kami harapkan bisa mempromosikan pariwisata Indonesia, menginformasikan kepada dunia bahwa Indonesia itu indah dan aman untuk dikunjungi," kata Menteri.

Penunjukan Gere sebagai duta pariwisata, dinilainya potensial karena lawan main Julia Robert dalam film Pretty Woman itu tergolong aktor yang sangat senior dan berpengaruh dalam dunia perfilman Hollywood.

Aktor yang membintangi Film Hachiko itu dinilai menjadi panutan sehingga potensial menjadi duta yang mempromosikan pariwisata.

"Begitu Richard Gere bicara tentang Indonesia dampaknya akan luas sekali," katanya. Apalagi Gere juga sudah merencanakan untuk membuat film tentang Borobudur.

Menteri menambahkan, ke depan pihaknya akan mengangkat tokoh penting dunia yang hadir ke Indonesia sebagai duta pariwisata termasuk pemain sepak bola Manchester United, Rio Ferdinand.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011