Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia Aryna Sabalenka selamat dari krisis servis untuk meraih kemenangan 1-6 6-4 6-2 atas Wang Xinyu, mengindari untuk bergabung dengan sejumlah unggulan putri yang harus tersingkir dari Australian Open, Kamis.

Bertanding di lapangan tepat setelah unggulan ketiga Garbine Muguruza dan unggulan keenam Anett Kontaveit tersingkir pada babak kedua, Sabalenka tampak akan mengikuti keduanya ketika dia melakukan kesalahan ganda enam kali dalam gim pembukanya.

Kesalahan ganda yang ke-12 membuat petenis peringkat 100 dunia Wang mengambil set pembuka, tetapi meskipun kesalahan servis terus berlanjut, petenis Belarus itu bangkit untuk menyamakan kedudukan di Rod Laver Arena.

Baca juga: Sabalenka berjuang dari awal untuk bertahan di Australian Open

Sabalenka harus mengandalkan sisa permainannya untuk menjauhkan diri dari masalah karena kesalahan ganda terus terjadi -- ada 19 kesalahan di seluruh pertandingan -- tetapi akhirnya mengalami kemajuan ketika Wang melakukan pukulan panjang dengan forehand.

"Saya sudah memiliki banyak pengalaman bermain tanpa servis jadi saya hanya mengatakan pada diri sendiri 'kamu memiliki cukup pukulan untuk tetap memenangi pertandingan meskipun kamu tidak bisa melakukan servis," kata Sabalenka, dikutip dari Reuters.

"Mentalitas seperti ini membantu saya untuk tetap berada dalam permainan dan benar-benar menemukan servis saya."

Sabalenka, yang melakukan 12 kesalahan ganda saat dia bangkit dari ketertinggalan dalam pertandingan putaran pertama melawan petenis wildcard Australia Storm Sanders pada Selasa, akan menghadapi finalis French Open 2019 Marketa Vondrousova pada babak ketiga.

Baca juga: Sabalenka kalah mengejutkan dari Peterson di Adelaide


"Ini lawan tangguh lainnya, saya telah memainkan pertandingan hebat melawannya," kata Sabalenka.

Iga Swiatek akan menunggu Sabalenka pada perempat final jika mereka berdua mampu bertahan sejauh itu, dan dia adalah satu-satunya unggulan teratas pada laga Kamis pagi yang melewati pertandingannya tanpa masalah.

Unggulan ketujuh mantan juara Prancis Terbuka itu mengukuhkan penampilannya yang kuat dengan mengalahkan Rebecca Peterson 6-2 6-2 di John Cain Arena.

"Memulai pertandingan dengan percaya diri cukup penting bagi saya," kata petenis Polandia itu.

"Saya merasa seperti mendominasi sejak awal. Setelah istirahat, jauh lebih mudah untuk maju."

Baca juga: Unggulan ketiga Muguruza tersingkir dari Australian Open
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022