Sesuai rencana untuk kawasan JIS akan diintegrasikan tiga moda angkutan umum massal
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan akses menuju Jakarta International Stadium (JIS) rencananya  dilayani tiga moda transportasi yakni TransJakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan kereta ringan atau LRT Jakarta.

"Sesuai rencana untuk kawasan JIS akan diintegrasikan tiga moda angkutan umum massal," kata Syafrin Liputo pada  rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Kamis.

Menurut Syafrin,  TransJakarta  akan melayani di koridor 14 yakni JIS-Senen yang  akan diuji coba rute layanannya pada tahun ini. Sedangkan untuk moda transportasi KRL, lanjut dia, akan dibangun stasiun KRL di JIS yang rencananya ada dua stasiun yakni JIS sisi timur dan sisi barat setelah dari Tanjung Priok.

"Saat ini, kami akan melakukan kajian kelayakan dan detail engineering design (DED) dan membahasnya  bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian terkait penyiapan stasiun," katanya.

Namun, sambil menunggu pembangunan stasiun KRL itu, pihaknya akan membangun "shelter" KRL yang rencananya berada di Stasiun JIS sisi barat. "Setelah shelter KRL terbangun maka layanan ke JIS bisa dilayani KRL langsung turun di shelter KRL di JIS sisi barat," imbuhnya.

Selain TransJakarta dan KRL, akses lainnya yakni LRT dari Kelapa Gading sampai ke  JIS. "Ini sudah mendapatkan persetujuan trase dari Menteri Perhubungan dan sekarang penetapan trase dari gubernur," ucapnya.

Baca juga: Jakpro: Penataan kampung kumuh sisi utara JIS wewenang KAI
Baca juga: Progres pekerjaan JIS sudah capai 93,85 persen

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022