Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur berencana menjadikan trotoar di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai taman.

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan mengatakan, penataan trotoar di depan RSU UKI menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) pihak swasta.

"Panjangnya 157,86 meter. Lebar (keseluruhan) 6 meter. Nanti posisinya taman, jalan orang 1,2 meter terus baru taman lagi. Jadi jalan orang di tengah," kata Eka Darmawan di Jakarta, Kamis.

Eka menambahkan, sebelumnya trotoar itu sudah 25 tahun digunakan para pedagang kaki lima (PKL) berjualan pada malam hari. Namun pada hari Selasa (18/1) sudah ditertibkan.

Berdasarkan rencana, Pemkot Jakarta Timur hanya membantu penyediaan tanah untuk menata, tanaman yang ditanam, membenahi jalan dan membersihkan saluran air di Jalan Mayjen Sutoyo.

Baca juga: Pemkot Jakbar sulap rawa rawan banjir menjadi taman kota
Baca juga: Lahan rumah warga dijadikan taman ramah anak di Daan Mogot


Eka juga mengatakan pihaknya saat ini dalam proses serah terima lahan parkir RSU UKI sebagai fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

"Untuk fasos-fasum UKI sedang dibuat peta bidang di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Sudah kita survei," ujar Eka.

Nantinya setelah pembuatan peta bidang dari BPN selesai maka bisa dipastikan berapa luas lahan parkir RSU UKI yang diserahterimakan kepada Pemkot Jakarta Timur.

Rencananya lahan parkir RSU UKI itu akan digunakan sebagai fasos-fasum berupa marka jalan dan taman.

"Akan digunakan untuk marka jalan dan taman. Sekarang sedang proses serah terima," tutur Eka.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022