Pemerintah daerah membutuhkan dukungan dari para perantau Minang dalam mengembangkan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Padang, 1/7 (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan organisasi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) semakin lebih baik dan berjalan sesuai dengan tujuannya setelah musyawarah besar yang akan digelar pekan ini.

"Mudah-mudahan ke depan Gebu Minang semakin mampu berjalan sesuai peran dan fungsinya, artinya sesuai dengan namanya," kata Irwan Prayitno di Padang, Jumat.

Justru itu, menurut gubernur, pemimpin atau pengurus Gebu Minang yang terpilih pada musyawarah besar (Mubes) nantinya, bisa menjalankan visi dan misi serta tujuan organisasi tersebut.

Selain itu, pengurus mendatang hendaknya mampu menghimpun kalangan masyarakat Minang yang di ranah (daereh, red) dan di rantau dalam berbagai kegiatan sosial, ekonomi dan budaya.

Upaya itu, tambah gubernur, Gebu Minang bisa membantu daerah, termasuk dalam peningkatan sumberdaya manusia melalui sinergisitas dalam berbagai kegiatan nyata tersebut.

Menyinggung selama ini kesan terhadap Gebu Minang yang hanya gaungnya saja, gubernur menanggapi, mudah-mudahan ke depan berjalan semakin baik dengan program yang dapat dirasakan masyarakat di ranah dan rantau.

Gebu Minang mempunyai visi terwujudnya masyarakat rantau dan ranah yang dinamis, terpadu, berorientasi ke masa depan, sejahtera, kreatif, sehat lahir dan batin, dan mampu mengantisipasi serta menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang yang terbuka dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Sedangkan misi Gebu Minang adalah memfasilitasi, memotivasi, mendinamisasi, dan mendayagunakan potensi masyarakat rantau dan ranah dalam kerangka Negara Kasatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya, baik lahir maupun batin, dengan kekuatannya sendiri.

Menyoalkan program pemerintah provinsi, Irwan mengatakan, pihaknya selalu menyampaikan dalam pertemuan-pertemuan perantau tentang program-program yang dilaksanakan untuk masyarakat Sumatera Barat.

Terkait, tambahnya, pemerintah daerah membutuhkan dukungan dari para perantau Minang dalam mengembangkan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

(KR-SA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011