Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan tetap bekerja sebaik-baiknya menjalankan tugas sebagai kepala daerah meski namanya disebut-sebut dan masuk bursa Pemilihan Presiden 2024.

"Ke manapun pergi, pasti ada pertanyaan soal ini. Tapi saya jawab sederhana saja, fokus membangun daerah masing-masing," ujarnya usai bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, adanya survei dari beberapa lembaga yang menyebut namanya tak bisa dihindari sehingga harus dijalani.

Siapa pun tidak ada yang tahu dengan takdir. Yang terpenting kerja dengan sebaik-baiknya terlebih dulu, ucap RK, sapaan akrabnya.

Baca juga: Direktur IndoStrategic: Prabowo-Puan kemungkinan besar maju pada 2024

Baca juga: Peneliti LSI: Ganjar-Puan pasangan jalan tengah


"Karena pandangan filosofi kerja saya sederhana, kalau kita kerja baik, masyarakat akan mengapresiasi. Jadi kesimpulannya kerja saja yang benar, pasti hal-hal lainnya akan mengikuti," kata dia menambahkan.

Di tempat sama, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tidak bersedia menjawab pertanyaan terkait Pemilihan Presiden 2024. Mantan Menteri Sosial ini hanya tersenyum menanggapi pertanyaan wartawan.

Sementara itu, selama dua hari ini RK berkunjung ke Jawa Timur dan melakukan kegiatan ke beberapa daerah, yakni Surabaya, Jombang, Bangkalan, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri.

Kunjungan diawali pada Kamis pagi ke Bangkalan dan melakukan ziarah ke makam Syaikhona Kholil. Seusai berziarah, Ridwan Kamil menyempatkan wisata kuliner di sekitar Bangkalan dan makan sate khas Madura.

Menurut dia, perbedaan sate di Madura dan Jawa Barat ada dua, yakni cara menyebutnya dan ukuran daging yang ditusuk.

Lalu, ukuran dagingnya lebih besar dan empuk, sedangkan terkait bumbu, kecap dan sambal, hampir sama.

Baca juga: Politisi Golkar sarankan Airlangga lebih banyak sapa masyarakat

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022