Sudin Bina Marga Jakpus temukan gulungan kulit kabel di gorong-gorong

Sudin Bina Marga Jakpus temukan gulungan kulit kabel di gorong-gorong

Satuan Tugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat menemukan puluhan kilogram gulungan kulit kabel di gorong-gorong Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

ada puluhan kilo kulit kabel
Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat menemukan puluhan kilogram gulungan kulit kabel di gorong-gorong atau saluran air Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis.

Salah satu petugas Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Supangat, mengatakan penemuan gulungan kulit kabel tersebut berawal dari laporan warga karena ada jalan yang amblas.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata terdapat gorong-gorong di bawah Jalan Bungur Besar.

"Sewaktu kita buka gorong-gorongnya, ternyata ada puluhan kilo kulit kabel, kemudian langsung kita keluarkan dari saluran," kata Supangat di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ahok persilakan Pasukan Katak singkirkan kulit kabel

Seluruh kulit kabel yang berhasil dikeluarkan langsung ditampung ke dalam truk Sudin Bina Marga dan dibawa ke Unit Alkal Kemayoran.

Menurut Supangat, gulungan kabel yang ditemukan di saluran air itu serupa dengan yang ditemukan di Jalan Merdeka Selatan pada 2016 silam saat Basuki Tjahja Purnama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Supriyadi, menjelaskan pihaknya rutin melakukan pengerukan saluran, namun sebelumnya tidak ditemui sampah gulungan kabel.

"Baru tahun ini didapati kulit kabel-kabel tersebut, tahun lalu tidak ada. Tahun lalu kita lakukan pengerukan di saluran ini dan tidak kita temukan kulit kabel," kata dia.

Baca juga: Pemprov DKI-Polda Metro akan cek seluruh saluran air
Baca juga: Temukan kulit kabel di gorong-gorong, Sandiaga lapor polisi


Menurut Supriyadi, ada pihak yang mencuri tembaga dalam instalasi kabel saluran air tersebut dan menyisakan kulit kabel.

"Pasti dicuri itu tembaganya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Soalnya ada info belum lama ini ada yang masuk ke dalam saluran itu," kata dia.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar