Washington (ANTARA) - Alphabet Inc, perusahaan induk Google melaporkan pengeluaran untuk lobi di Amerika Serikat 27 persen lebih tinggi pada tahun lalu dibandingkan dengan 2020, menghabiskan 9,6 juta dolar AS untuk tahun 2021, menurut database keterbukaan lobi Senat.

Angka itu jauh di bawah lebih dari 20 juta dolar AS yang dihabiskan pada tahun 2018, tetapi lebih dari 7,53 juta dolar AS yang digunakan untuk melobi pada tahun 2020. Google menghabiskan 2,2 juta dolar AS untuk melobi pada kuartal keempat 2021.

Pengeluaran lobi Google menurun pada tahun 2020 karena merestrukturisasi tim hubungan pemerintahnya.

Perusahaan teknologi terbesar, termasuk Amazon.com Inc, Facebook Meta Platforms Inc dan Apple Inc, berada di bawah tekanan di Kongres atas tuduhan mereka menyalahgunakan kekuatan pasar mereka yang besar.

Daftar panjang rancangan undang-undang telah diperkenalkan yang bertujuan untuk mengekang mereka, tetapi tidak ada yang menjadi undang-undang. Salah satu RUU, yang akan menghentikan platform memberikan preferensi untuk bisnis mereka sendiri, disahkan Komite Kehakiman Senat pada Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Google Search tinggalkan Australia jika konten berbayar diterapkan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022