Pasar mengikuti Wall Street dan saham terkait chip menjadi target aksi jual setelah kerugian Nasdaq
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang lebih rendah pada perdagangan sesi pagi Jumat, dengan ekuitas teknologi kelas berat mengikuti penurunan 1,3 persen di Nasdaq semalam, karena kekhawatiran inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi mengurangi sentimen risiko.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) tergelincir 1,5 persen, menjadi diperdagangkan di 27.365,50 poin pada pukul 02.21 GMT, setelah turun sebanyak 2,3 persen. Indeks Topix yang lebih luas merosot 1,02 persen menjadi diperdagangkan di 1.918,77 poin.

Nikkei turun 2,6 persen untuk minggu ini, sedangkan Topix turun 2,9 persen.

"Pasar mengikuti Wall Street dan saham terkait chip menjadi target aksi jual setelah kerugian Nasdaq," kata Kazuharu Konishi, kepala ekuitas di Mitsubishi UFJ Kokusai Asset Management.

"Tidak akan ada komentar positif atau negatif tentang suku bunga AS dari pejabat senior Federal Reserve hingga FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) minggu depan, sehingga investor akan tetap berhati-hati."

Baca juga: Indeks Nikkei melambung dari terendah 5 bulan, terkerek saham Sony

Indeks-indeks utama Wall Street berakhir melemah tajam semalam, karena investor mempertimbangkan apakah ekuitas dapat ditawar setelah aksi jual untuk memulai tahun yang telah melihat Nasdaq jatuh ke wilayah koreksi.

Saham-saham terkait chip melemah, dengan Tokyo Electron kehilangan 6,3 persen, Advantest anjlok 4,18 persen dan Shin-Etsu Chemical terpangkas 2,46 persen.

Toyota Motor turun 2,45 persen setelah produsen mobil tersebut mengatakan akan memperlambat produksi di 11 pabrik di Jepang karena meningkatnya infeksi COVID-19 di antara para pekerjanya dan mereka yang berada di pemasok suku cadang.

Ketika infeksi Virus Corona melonjak ke rekor, prefektur barat Jepang Osaka dan dua wilayah tetangga diperkirakan akan bergabung dalam deklarasi yang lebih luas tentang langkah-langkah pencegahan COVID-19, yang sudah mencakup ibu kota Tokyo dan selusin wilayah lainnya.

Meskipun pembatasan lebih luas, saham maskapai penerbangan dan kereta api menguat, dengan ANA Holdings terangkat 1,57 persen dan West Japan Railway naik 1,56 persen.

Baca juga: IHSG diprediksi beragam di tengah minimnya sentimen domestik-global

Baca juga: Wall Street turun karena aksi jual berlanjut, Nasdaq jatuh 1,30 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022