Dolar turun pada Jumat karena kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap tinggi dan bahwa The Fed akan memperketat kebijakan moneternya
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore ditutup menguat di tengah pengamatan investor soal kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (Fed).

Rupiah sore ini ditutup menguat 5 poin atau 0,03 persen ke posisi Rp14.336 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.341 per dolar AS.

"Dolar turun pada Jumat karena kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap tinggi dan bahwa The Fed akan memperketat kebijakan moneternya," kata analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat.

Pelaku pasar masih berekspektasi bahwa The Fed akan mengetatkan kebijakan moneter lebih cepat dari yang diantisipasi.

Baca juga: Fed memulai perdebatan tentang penerbitkan mata uang digital dolar

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan dua hari untuk menjatuhkan keputusan kebijakan pada pekan depan. Investor akan mencari petunjuk tentang jadwal bank sentral untuk kenaikan suku bunga dan pengurangan aset.

Dari domestik, jumlah kasus harian COVID-19 di Tanah Air pada Kamis (20/1) kemarin mencapai 2.116 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,28 juta kasus. Khusus untuk kasus terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron, saat ini totalnya mencapai 1.078 kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 7 kasus sehingga totalnya mencapai 144.199 kasus.

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 577 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,12 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif COVID-19 mencapai 12.328 kasus.

Baca juga: Rupiah Jumat pagi melemah 12 poin

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 179,15 juta orang dan vaksin dosis kedua 122,38 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.353 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.329 per dolar AS hingga Rp14.357 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat ditutup menguat ke posisi Rp14.347 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.354 per dolar AS.

Baca juga: IHSG diprediksi beragam di tengah minimnya sentimen domestik-global

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022