Hari ini (21/1) kapal penyeberangan sudah diberangkatkan lagi dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara,
Jepara (ANTARA) - Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa mulai beroperasi kembali, setelah tertunda akibat gelombang tinggi.

"Hari ini (21/1) kapal penyeberangan sudah diberangkatkan lagi dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Jepara Subur di Jepara, Jumat.

Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Jepara, kata dia, merupakan Kapal Motor Penumpang Express Bahari yang mengangkut sekitar 128 penumpang.

Baca juga: Ganjar: Tiga pulau di Karimunjawa bakal segera dialiri listrik PLN

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng, kata dia, ketinggian gelombang di Perairan Laut Jepara memang aman untuk aktivitas pelayaran, termasuk nelayan kecil.

Ia mengungkapkan ketinggian gelombang laut berkisar 0,5-1,5 meter, sedangkan kecepatan angin antara 10-15 knot.

Meskipun demikian, imbuh dia, masyarakat yang beraktivitas di laut tetap waspada, terutama dengan kecepatan angin di laut yang dimungkinkan datang tiba-tiba dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: ASDP catat kenaikan penumpang kapal di Toba dan Batam

Kondisi gelombang laut yang mulai normal, diperkirakan berlangsung hingga Minggu (23/1).

"Meskipun perkiraannya demikian, nantinya tetap melihat perkembangan dan kondisi riil di lapangan apakah tetap aman atau tidak. Jika masih aman, maka aktivitas penyeberangan masih boleh beroperasi," ujarnya.

Pada tanggal 17 Januari 2022, kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara menuju Pulau Karimunjawa terpaksa tidak bisa beroperasi karena tingginya gelombang laut. 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022