Mengingat jumlah kasus corona menurun, Kepala Menteri (New Delhi) Arvind Kejriwal menyetujui usulan tersebut
New Delhi (ANTARA) - Ibu kota India, New Delhi, berencana mencabut pembatasan COVID-19 selama akhir pekan dan mengizinkan sebagian kebijakan bekerja dari kantor (work from office/WFO) bagi kantor swasta setelah kasus baru melandai, kata pemerintah setempat, Jumat.

Kasus baru COVID-19 di New Delhi turun separuh lebih dari puncak 28.867 kasus pada 13 Januari dan lebih dari 80 persen ranjang rumah sakit di kota tersebut kosong, menurut data pemerintah.

"Mengingat jumlah kasus corona menurun, Kepala Menteri (NewDelhi) Arvind Kejriwal menyetujui usulan tersebut," kata pejabat yang meminta namanya dirahasiakan.

Baca juga: Kasus COVID India bertambah 247.417 dalam sehari

Wakil gubernur setempat, yang harus menandatangani keputusan eksekutif pemerintah daerah, diperkirakan akan meninjau usulan tersebut dan menyetujuinya pada Jumat.

New Delhi menjadi salah satu episentrum pandemi COVID-19 di India selama dua tahun terakhir dan telah merasakan berbagai penguncian dan pembatasan sejak gelombang pertama.

Delhi menerapkan pembatasan jam malam mulai 4 Januari dan meminta sekolah-sekolah serta restoran ditutup selagi kasus yang disebabkan oleh varian Omicron mencuat.

Baca juga: India mulai berikan vaksin 'booster' COVID-19

Belum diketahui apakah pembatasan jam malam pada hari biasa juga bakal dihapus.

Massa di New Delhi pekan ini memprotes agar pembatasan COVID-19 dicabut.

Pejabat setempat mengatakan bahwa kasus COVID-19 baru-baru ini lebih sedikit dengan sebagian besar masyarakat melakukan pemulihan di rumah.

Pusat bisnis Mumbai juga melaporkan penurunan besar jumlah kasus COVID-19 sejak mencapai puncaknya pada awal Januari ini.

Sumber: Reuters

Baca juga: India catat 264.202 kasus tambahan COVID-19

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022