Puskesmas Utan Panjang datangi rumah lansia untuk vaksinasi "booster"

Puskesmas Utan Panjang datangi rumah lansia untuk vaksinasi "booster"

Petugas Puskesmas Utan Panjang melakukan penjemputan dan penyuntikan vaksin "booster" kepada lansia di Jakarta Pusat, Jumat (21/1/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Kelurahan dan Puskesmas Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, langsung mendatangi rumah para warga lansia untuk percepatan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga sebagai penguat (booster).

Lurah Utan Panjang, Amadeo mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya "jemput bola" agar warga lansia yang kesulitan untuk keluar rumah bisa mendapatkan layanan vaksin "booster".

Karena itu, pihaknya telah memerintahkan jajaran untuk menjangkau rumah warga lansia setiap Jumat.

"Ini pekan pertama kita melakukan penjemputan terhadap para lansia. Jumlah dosis yang disiapkan untuk 100 lansia yang mendapatkan vaksin," kata Amadeo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Ia menilai warga di wilayahnya sangat antusias terhadap program vaksinasi booster secara gratis yang diberikan pemerintah.

Baca juga: Realisasi vaksinasi "booster" di DKI capai 216.726 orang
Baca juga: Pemkot percepat vaksinasi "booster" cegah COVID-19 varian Omicron


Petugas terus melakukan sosialisasi kepada perangkat wilayah dan lingkungan masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin dosis ketiga.

"Vaksin 'booster' menjadi salah satu upaya mengurangi dampak COVID-19 jika terpapar, serta mengurangi tingkat keparahan jika positif, apalagi ada varian Omicron," kata dia.

Kepala Puskesmas Kelurahan Utan Panjang, Susi Indrayani mengatakan, vaksin "booster" yang disediakan adalah jenis Pfizer.

Setiap hari Jumat, petugas Puskesmas dan Kelurahan Utan Panjang akan menjangkau rumah warga lansia untuk divaksin "booster".

"Kita terima laporan dari RT/RW kemudian kita datangi dan kita lakukan pemeriksaan kesehatan. Jika sehat, langsung kita lakukan penyuntikan vaksin," kata Susi.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar