Seirampah (ANTARA) - Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Provinsi Sumatera Utara optimistis mengukir prestasi pada pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Ketua PGSI Sumut Darma Wijaya di Seirampah, Sabtu, mengatakan Sumut merupakan daerah yang berpotensi mencetak atlet-atlet handal, termasuk atlet gulat.

Dengan kerja sama, ia pun mengaku yakin potensi tersebut dapat dimaksimalkan untuk kembali membangkitkan kejayaan gulat di Sumatera Utara. 

Dengan potensi tersebut, ia juga meyakini minimal lima medali dapat mereka pada PON 2024 mendatang. 

"Kita punya kemampuan dan daya saing yang tak kalah dari daerah lain. Apalagi, kita juga didapuk sebagai tuan rumah. Kombinasi kedua hal ini adalah peluang yang sangat baik," kata Darma, yang juga Bupati Serdang Bedagai (Sergai) itu, Kamis. 

Baca juga: KONI Sumut fokus siapkan atlet muda menuju PON 2024 
Baca juga: Aceh-Sumut terus persiapkan diri menjadi tuan rumah PON 2024 


Namun untuk merealisasikan hal tersebut, ia menekankan perlunya dukungan, kemauan dan tekad yang kuat dari seluruh pihak terkait, terutama dalam regenarasi dan proses penjaringan bibit atlet baru. 

Ia meyakini pengurus cabang olahraga adalah ujung tombak dalam upaya memajukan gulat di Sumut. Dari sanalah, ia menyebutkan selanjutnya atlet-atlet yang potensial digembleng dengan sungguh-sungguh. 

Ia mengatakan pada 2022, akan digelar beberapa ajang olahraga tingkat provinsi, di antaranya Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, Kejuaraan Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Seleksi Daerah Provinsi Sumatera Utara, serta Pelatda jangka panjang menuju PON XXI Sumut-Aceh tahun 2024.

"Untuk itu, dengan adanya gelaran kegiatan tersebut, mari kita berperan mempersiapkan segala sesuatunya dalam mendukung, menyukseskan ajang yang dimaksud, dan tidak lupa kami akan tetap berkoordinasi dengan KONI Sumut maupun Pengurus Pusat PGSI," pungkas Darma. 

Baca juga: KONI Sumatera Utara targetkan tri sukses pada PON 2024 
Baca juga: Sumatera Utara targetkan peringkat lima besar pada PON 2024 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022