Dubes Heri Akhmadi lantik konsul kehormatan RI untuk Nagoya

Dubes Heri Akhmadi lantik konsul kehormatan RI untuk Nagoya

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi melantik Sugimoto Hideo sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Nagoya, Aichi, Jepang, pada Jumat (21/1/2022). ANTARA/HO- KBRI Tokyo.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi melantik Sugimoto Hideo sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI untuk Nagoya, Aichi, Jepang, pada Jumat (21/1).

Acara diikuti dengan peresmian pembentukan Aichi/Chubu – Indonesia Friendship and Goodwill Association, menurut keterangan tertulis  KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Prefektur Aichi Hedeaki Oomura dan Wali Kota Nagoya Takashi Kawamura serta  kalangan pimpinan perusahaan Jepang di Nagoya.

Dubes Heri dalam sambutannya menekankan nilai strategis Prefektur Aichi bagi Indonesia.

“Kerja sama Indonesia – Jepang perlu diarahkan untuk mencapai tujuan bersama, a shared future, khususnya dengan memanfaatkan momentum Presidensi Indonesia di G20," ujar Heri, yang didampingi Kepala Bidang Politik Andi Ardiansyah, Kepala Bidang Ekonomi Rima Cempaka, dan Atase Pertahanan Andi Nur Abadi.

Hingga kini, kata Heri, ada sekitar 250 perusahaan asal Aichi yang telah berinvestasi di Indonesia. Ada lebih dari 6.500 WNI yang berdomisili di wilayah tersebut. 

Melalui pembentukan Aichi/Chubu – Indonesia Friendship and Goodwill Association, Heri menyatakan harapan agar berbagai pihak dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki Indonesia untuk mendorong investasi Jepang di bidang manufaktur, otomotif, pendanaan infrastruktur, agroindustri, kesehatan, ketenagakerjaan, dan pendidikan.

Konsul Kehormatan RI Nagoya, Sugimoto Hideo, menyatakan komitmennya untuk bekerja optimal.

“Saya siap bekerja sebaik mungkin sebagai Konsul Kehormatan RI di Nagoya dan mendorong Asosiasi Persahabatan Indonesia – Aichi/Chubu dan memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang melalui jalur ekonomi, kebudayaan, dan kuliner,” ujar Sugimoto, yang juga menjabat sebagai CEO Yakiniku Sakai Holding Company, perusahaan Jepang yang bergerak di bidang kuliner.

Baca juga: Indonesia-Jepang perkuat kerja sama industri otomotif dan digital

Sementara itu melalui pesan video, Menteri Perekonomian, Perdagangan, dan Perindustrian Jepang Hagiuda Koichi menekankan ada banyak peluang kerja sama kedua negara yang dapat dikembangkan, khususnya di sektor energi dan digital.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji melalui pesan videonya bersama kalangan pengusaha di Aichi menyampaikan kesiapannya untuk mendukung Hideo Sugimoto sebagai Konsul Kehormatan RI di Nagoya.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Aichi Hedeaki Oomura berharap Konsul Kehormatan RI Nagoya dapat membantu mengoptimalkan peran Aichi Support Desk yang telah dibentuk sejak 2018.

Acara pada Jumat tersebut dimeriahkan dengan pergelaran kesenian Gamelan Bali, yang dipersembahkan oleh mahasiswa Jepang dari Universitas Nagoya, serta kesenian tradisional Jepang, Buyo.  

Baca juga: KJRI dorong promosi produk halal Indonesia di Osaka

Baca juga: Menlu Jepang dorong peningkatan kerja sama dengan Indonesia


 

KBRI Tokyo anugerahkan Ambassador Award 2021

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar