Liga Jerman

Dortmund kalahkan Hoffenheim tapi Haaland jadi tumbal

Dortmund kalahkan Hoffenheim tapi Haaland jadi tumbal

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland terduduk setelah mengalami cedera di tengah laga lanjutan Liga Jerman melawan TSG Hoffenhiem di Stadion PreZero Arena, Sinsheim, Jerman, Sabtu (22/1/2022). (ANTARA/REUTERS/Heiko Becker)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund mengalahkan tuan rumah TSG Hoffenheim dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-20 Liga Jerman di Stadion PreZero Arena, Sabtu, tetapi Erling Haaland harus menjadi tumbal kemenangan tersebut.

Pasalnya, Haaland harus meninggalkan lapangan lebih awal pada menit ke-63 dengan terlihat meringis kesakitan dan memegangi kunci paha kanannya.

Hal itu jelas menimbulkan kekhawatiran bagi Dortmund, mengingat Haaland musim ini sudah menepi karena cedera dalam dua periode yang berbeda.

Baca juga: Gonzalo Castro gagalkan kemenangan Greuther Furth

Haaland absen dalam tiga pertandingan medio 24 September hingga 12 Oktober 2021 karena masalah dengan ototnya, lantas ia menepi lebih lama lagi pada 22 Oktober s.d. 25 November 2021 lantaran cedera fleksor pangkal paha.

Sebelum dipaksa angkat kaki dari lapangan, Haaland membawa Dortmund memimpin cepat atas Hoffenheim hanya enam menit selepas sepak mula dengan sontekan sederhana memanfaatkan umpan Donyell Malen.

Keunggulan itu raib tepat di pengujung babak pertama ketika Andrej Kramaric menyelesaikan umpan silang Ihlas Bebou.

Dortmund lantas merestorasi keunggulan mereka saat umpan terobosan Malen diselesaikan dengan sempurna oleh sang kapten Marco Reus pada menit ke-58.

Baca juga: Eintracht ditahan imbang 1-1 oleh Augsburg

Tiga menit setelah Haaland meninggalkan lapangan dalam keadaan kesakitan, Dortmund menambah keunggulan mereka melalui aksi Malen berikutnya yang memaksa bek tuan rumah David Raum mencetak gol bunuh diri.

Hoffenheim memangkas jarak ketertinggalan mereka lagi pada menit ke-77 berkat sepakan kaki kanan Georginio Rutter, tetapi Dortmund sukses menjaga skor 3-2 hingga bubaran demi membawa pulang tiga poin penuh.

Kemenangan itu membuat Dortmund yang berada di posisi kedua dengan 43 poin kini hanya terpaut tiga poin dari Bayern Muenchen yang menduduki puncak klasemen dan baru akan bertanding sehari berselang.

Sementara Hoffenheim yang menelan dua kekalahan beruntun setelah rentetan tren positif mereka berakhir pekan lalu semakin melorot ke urutan keenam dengan 31 poin, demikian catatan situs resmi Liga Jerman.

Baca juga: Leverkusen taklukkan Gladbach demi kembali ke jalur kemenangan

Dortmund tentu berharap Haaland bisa memanfaatkan jeda internasional yang berlangsung sekira dua pekan ke depan untuk memulihkan diri dari cedera yang dideritanya.

Selepas jeda internasional, Dortmund akan menjamu Bayer Leverkusen di Signal Iduna Park pada akhir pekan pertama bulan Februari, sementara Hoffenheim bertandang ke markas FSV Mainz.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar