Sepak Bola Dunia

Pele 'sangat kuat' saat pemulihan dari tumor, kata putrinya

Pele 'sangat kuat' saat pemulihan dari tumor, kata putrinya

Seorang pria berjalan melewati mural mirip legenda sepak bola Brazil, Pele, di Santos, Brazil, Rabu (27/10/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli/WSJ/cfo

Jakarta (ANTARA) - Legenda sepak bola Pele berada di rumah dan "sangat kuat" saat pemulihan dari tumor usus besar, kata putrinya pada Sabtu dalam apa yang tampaknya merupakan bantahan atas laporan media bahwa kondisinya telah memburuk.

Mantan pemain Santos dan New York Cosmos yang berusia 81 tahun itu keluar dari rumah sakit pada Kamis setelah menjalani perawatan kemoterapi selama dua hari.

Pele menjalani operasi untuk mengangkat tumor usus besar pada September 2021 dan telah keluar masuk rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo dalam beberapa bulan sejak itu.

Putrinya Kely Nascimento mengatakan dalam sebuah postingan Instagram ayahnya baik-baik saja.

Baca juga: Tinggalkan rumah sakit, Pele siap habiskan Natal bersama keluarga

"Saya tidak tahu apa yang keluar dari mana tetapi semua orang mengirimi saya pesan, semua orang khawatir," katanya seperti dikutip Reuters, Minggu, sebelum menambahkan, "Tidak ada yang berubah.

"Tidak ada yang baru untuk dilaporkan. Ayah saya pergi ke rumah sakit setiap bulan. Jadi hal-hal ini akan muncul sekarang dan lagi, kadang-kadang dia pergi dua kali sebulan. Tapi tidak ada yang berubah, dia ada di rumah, dia baik-baik saja, pemulihan dengan baik, dan sangat kuat."

Jaringan TV Olahraga ESPN melaporkan kanker telah menyebar dan bahwa pemenang Piala Dunia tiga kali itu didiagnosis menderita tumor di usus, satu di lever dan mulai ada di paru-paru.

Manajer bisnisnya menolak untuk mengkonfirmasi atau membantah laporan tersebut.

Secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa, Pele telah menderita serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk operasi pinggul yang membuatnya berulang kali merasakan sakit dan kesulitan berjalan tanpa bantuan.

Dia telah mengurangi penampilan publiknya tetapi tetap aktif di media sosial.

Baca juga: Brazil batal ganti nama stadion Maracana menjadi Pele
Baca juga: Pele selamati Ronaldo karena pecahkan rekor gol miliknya

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar