Buleleng (ANTARA) - Sekitar 21.000 bibit pohon mangrove dan cemara udang ditanam di daerah Buleleng, Badung, Klungkung, Jembrana, dan Denpasar di wilayah Provinsi Bali dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut dipusatkan di Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Minggu.

Di hadapan kader partai yang mengikuti acara itu, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon merupakan bagian dari upaya partai untuk mengampanyekan penyelamatan lingkungan.

Hasto mengaku mengagumi semangat warga Bali dalam merawat lingkungan.

"Dari Bali, kita harus belajar merawat pertiwi. Bagaimana pohon-pohon dirawat dengan sangat baik. Ketika orang Bali mencabut atau memotong pohon, itu ada upacaranya. Begitu luar biasa masyarakat Bali menjaga alam ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster mengatakan bahwa setidaknya ada sekitar 5.000 kader partai yang terlibat dalam kegiatan penanaman bibit pohon di wilayah Bali.

"Saya kira lebih dari itu. Di tempat ini saja kader yang hadir lebih dari 3.000 orang," katanya mengenai kegiatan penanaman pohon di Pantai Banyuwedang.

"Ini merupakan tindakan nyata dari kepedulian kami terhadap program penyelamatan lingkungan di Pulau Dewata di tengah maraknya perusakan lahan mangrove oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ia menambahkan.

Selain di Buleleng, penanaman bibit pohon dilakukan di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung; Pantai Tuwed di Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana; Pantai Desa Lembongan di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung; dan Pantai Bukit Muntig Siokan di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

Baca juga:
2.500 bibit pohon ditanam di lereng Gunung Sindoro
Aksi tanam 100 ribu bibit pohon digelar di Trenggalek

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf, Ganies Esa Manura
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022