Ekspor kimchi dari Korea Selatan tahun lalu meningkat pesat

Ekspor kimchi dari Korea Selatan tahun lalu meningkat pesat

kimchi ready to eat in bowl

Jakarta (ANTARA) - Ekspor kimchi dari Korea Selatan tahun lalu dikabarkan mencapai rekor tertinggi sebanyak 159,9 juta dolar AS (Rp2,2 triliun) degan surplus 19,2 juta.

Dikutip dari Korea Times, Senin, Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya negara tersebut melihat surplus dalam perdagangan kimchi sejak 2009. Korea Selatan juga mengimpor kimchi terutama dari China.

Menurut Kementerian pertanian, ekspor kimchi telah tumbuh setiap tahun sebanyak 18 persen dalam lima tahun terakhir. Selama lima tahun tersebut, jumlah negara pengimpor meningkat dari 61 negara pada 2016 menjadi 89 negara pada tahun lalu.

Popularitas musik pop dan drama Korea di luar negeri diyakini menjadi satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekspor kimchi karena minat penggemar di luar negeri terhadap makanan Korea telah tumbuh.

Kementerian pertanian mengatakan akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan ekspor kimchi sambil memberikan penekanan yang sama untuk menemukan makanan dan produk pertanian lain yang dapat diekspor.

Baca juga: Empat makanan yang cocok untuk nonton drakor dan variety show Korea

Baca juga: Tenda kaki lima khas Negeri Ginseng di selatan Jakarta

Baca juga: Google Doodle rayakan Kimchi, ini serba-serbinya

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar